ANALISIS TRADISI TEDHAK SITEN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI DESA BANDAR SAKTI KECAMATAN TERUSAN NUNYAI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

DOLLY, RIZKIA PUTRI (2021) ANALISIS TRADISI TEDHAK SITEN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI DESA BANDAR SAKTI KECAMATAN TERUSAN NUNYAI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi Dolly.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tradisi tedhak siten yang ada di desa Bandar Sakti kecamatan terusan Nunyai Lampung Tengah adalah suatu tradisi sebagai bentuk rasa syukur orangtua terhadap perkembangan sang anak. Dengan begitu penulis ingin mengkaji lebih dalam lagi mengenai tradisi tedhak siten ini dari segi keislaman untuk memperdalam keimanan masyarakt desan Bandar Sakti dan masyarakat luas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dimana Metode pengumpulan data dalam penilitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tradisi tedhak siten ini masyarakat Islam jawa bisa menggunakan tradisi tedhak siten ini walaupun tradisi ini berasal dari ajaran hindu budha. Dikarenakan para wali telah menambahkan nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi tedhak siten ini, seperti: Toleransi, Mempererat tali silaturahmi, Cinta kepada Rosul, Sodaqoh, Syukur dan Doa tanpa membuang unsur unsur kebudayaannya. Kata Kunci: Kebudayaan, Nilai Keislaman, Tradisi Tedhak Siten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:58
Last Modified: 21 Apr 2021 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13843

Actions (login required)

View Item View Item