KEBIJAKAN KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN TOLERANSI BERAGAMA DI DESA KERTOSARI KECAMATAN TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

SUCI, PURWANTI (2021) KEBIJAKAN KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN TOLERANSI BERAGAMA DI DESA KERTOSARI KECAMATAN TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi SUCI PURWANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KEBIJAKAN KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN TOLERANSI BERAGAMA DI DESA KERTOSARI KECAMATAN TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Oleh SUCI PURWANTI Indonesia adalah negara yang yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama dan adat istiadat, indonesia memliliki enam agama resmi yang di akui oleh negara lain: islam, kristen, protestan, katollik, hindu dan budha, berbagai agama yang ada di indonesia telah ada pemeluknya masing- masing. Setiap warga negara di bebaskan untuk memilih keyakinan setiap individu. Lampung memiliki penduduk Yang Heterogen Terutama Di Kabupaten Lampung Selatan Kecamatan Tanjung Sari yang datang dari berbagai suku, sehingga perlu adanya sebuah rasa toleransi di setiap Umat. Kerukunan antar umat beragama yang ada di Desa Kertosari merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Desa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Kebijakan Kepala Desa dalam membangun sikap toleransi beragama melalui peran FKUB yang ada di Desa Kertosari. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan dari pemerintah terutama pemerintah desa (Kepala Desa) dalam membangun sikap toleransi beragama. Permasalahan ini berpatokan dengan Undang-undang tentang kerukunan peraturan bersama Menteri Agama Dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006 Dan Nomor 8 Tahun 2006. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif, dengan proses pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer di peroleh langsung dari hasil observasi dan wawancara langsung dengan Kepala Desa, masing-masing tokoh agama dan jajaran pemerintah desa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan tahap dikumpulkan lalu di analisis secara deskripsi-kualitatif yaitu menyajikan data secara rinci sehingga dapat diperoleh gambaran atau suatu penjelasan dan kesimpulan,serta teori yang di gunakan untuk menganalisis data adalah teori purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kepala Desa di Desa Kertosari belum meemiliki kebijakan secara tertulis yang digunakan untuk mengatur umat beragama yang ada di desa kertosari tidak berjalan sesuai dengan peraturan bersama Menteri Agama Dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006 Dan Nomor 8 Tahun 2006.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:56
Last Modified: 19 Apr 2021 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13805

Actions (login required)

View Item View Item