SAFIRA, WATI (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi dari sebuah proses manajamen pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dalam hal ini dengan mengamati manajemen di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah implementasi manajemen pembelajaran SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunaan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer dipilih langsung dari responden mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, sedangkan data sekunder berupa teori- teori, data statistik serta penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi sekolah. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Perencanaan pembelajaran di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung telah dibukukan dengan pengarsipan yang jelas dan terstruktur, diawal tahun pelajaran dengan berkordinasi bersama rekan-rekan guru untuk menyusun perangkat perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung dilakukan menggunakan aplikasi zoom, video pembelajaran, grub whatsapp, blogger dan SIMASKOT dengan urutan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sebelum melaksanakan pembelajaran SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung selalu mematuhi persyaratan pelaksanaan pembelajaran.. Namun, dalam penggunakan media atau alat peraga harus lebih dimanfaatkan dan perlu pengoptimalan. Evaluasi dan penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan sudah memenuhi Standar Penilaian Pendidikan. Dalam proses evaluasi pembelajaran terdapat intrumen penilaian yang jelas berupa format, kolom dan lembar penilaian yang baku. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Kata Kunci : Implementasi Manajemen Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 06:50 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 06:50 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13776 |
Actions (login required)
View Item |