ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA AN-NUR KARANG REJO LAMPUNG UTARA

YEKTI, YUNINGSIH (2021) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA AN-NUR KARANG REJO LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP YEKTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA AN-NUR KARANG REJO LAMPUNG UTARA Oleh YEKTI YUNINGSIH Penelitian tentang analisis kompetensi pedagogik dan kepribadian Guru Biologi dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XI dilakukan di MA An-Nur Karang Rejo Lampung Utara, tepatnya di kelas XI IPA. MA An- Nur Karang Rejo Lampung Utara merupakan salah satu Madrasah Aliah yang cukup diminati oleh lulusan SMP sederajad di Lampung Utara. Hal tersebut memungkinkan bahwa MA An-Nur Karang Rejo Lampung Utara memiliki guru- guru yang profesional dan mampu menciptakan suasana belajar yang efektif, efisien, serta menyenangkan. Permasalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah analisis kompetensi pedagogik dan kepribadian Guru Biologi dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XI di MA An-Nur Karang Rejo Lampung Utara. Bertujuan untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru Biologi dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XI di MA An-Nur Karang Rejo Lampung Utara. Untuk mencapai tujuan peneletian tersebut, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Mengingat data yang dihasilkan berupa kalimat dan bersifat deskriptif didasarkan pada hasil wawancara pada Guru Biologi yang bersangkutan, Kepala Madrasah, dan beberapa siswa kelas XI IPA yang dijadikan objek penelitian, observasi langsung pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan dengan mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan. Artinya dalam melakukan analisis data dan menarik kesimpulan akhir penulis tidak menggunakan rumus statistik. Hasil penelitian akan menginformasikan mengenai kompetensi pedagogik dan kepribadian Guru Biologi, aktivitas belajar dan peningkatanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dan kepribadian guru memberikan pengaruh pada aktivitas belajar peserta didik, karena seorang guru yang mempunyai kompetensi pedagogik dan kepribadian yang memadai akan mampu melakukan tugasnya sebagai guru yang baik dan mencerminkan penampilan yang disenangi sekaligus disegani oleh peserta didiknya. Namun, terdapat faktor lain yang mempengaruhi peningkatan aktivitas belajar peserta didik, yaitu kondisi lingkungan belajar yang masih belum kondusif dan keadaan sarana prasarana yang disediakan oleh Madrasah belum cukup memadai untuk mewujudkan aktivitas belajar yang diinginkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber pembelajaran agar dapat lebih baik di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Apr 2021 06:45
Last Modified: 15 Apr 2021 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13775

Actions (login required)

View Item View Item