SANTI, SARTIKA (2021) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) BIOLOGI BERBASIS TEORI BERPIKIR VAN HIELE DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (13MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Perangkat pembelajaran yang digunakan oleh pendidik ditingkat SMP belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menegembangkan perangkat ajar berbasis teori berpikir Van Hiele. Metode penelitian ini adalah research and development . teori Van Hile merupakan teori yang berkembang di maematika namun seyogyanya teori ini bisa di biologi sehingga dibutuhkan pengembangan SSP sebagai kerangka acuan teori Van Hiele. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli desain meliputi materi, media, bahasa, angket respon peserta didik dan lembar penilaian guru. Hasil studi ini menunjukkan bahwa persentase penilaia guru IPA (biologi) terhadap produk menunjukka hasil awal 76,5% dan mendapatkan criteria layak, setelah revisi hasilya menunjukkan persentase lebih tinggi yaitu 83% dega criteria sagat layak. Hasil uji coba lapangan pendahuluan atau terbatas peserta didik, memiliki persentase 83% denga criteria sangat layak. Sedangka uji coba produk kelompok besar memiliki persentase 84%. Hal ini menunjukka bahwa hasil uji coba kelompok besar lebih tiggi jika dibandingkan dengan uji coba terbatas(84% > 83%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Subject Spesific Pedagogy berbasis teori berpikir Van Hiele ini sangat layak untuk digunakan. Kata Kunci : Subject specific pedagogy, teori Van Hiele, perangkat ajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 06:30 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 06:30 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13771 |
Actions (login required)
View Item |