PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA

INA, FAUZIAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2,.  DAPUS    INA FAUZIAH.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  INA FAUZIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA” Oleh Ina Fauziah Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi SMA. Metode dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian quasy eksperimen. Populasi sampel penelitian ini ada 4 kelas sedangkan sampel yang digunakan 2 kelas. Teknik pengambilan data menggunakan tes preetes dan posttest dan dokumentasi dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis statistic dengan memakai uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t independen. Hasil uji t Independen untuk nilai tes kemampuan berpikir kritis kelas ekperimen dan kelas kontrol diperoleh sig (2-tailed) thitung < ttabel adalah 0.000 < 0.05. sesuai dengan kriteria uji t independen berarti H0 ditolak dan H1 diterima artinya model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan Google Classroom berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Biologi SMA. Maka model pembelajaran Learning Cycle 7E dijadikan alternatif model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Biologi SMA. Kata kunci : Learning cycle 7E ( Elicit, Engage, Explore, Explan, Elaborat, Evalution, Exten ), Google Classroom, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:20
Last Modified: 15 Apr 2021 05:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13758

Actions (login required)

View Item View Item