PENGARUH FLIPPED CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Tia, Nurohmah (2021) PENGARUH FLIPPED CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Tia Nurohmah cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan yang diperlukan peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian di sekolah MTs GUPPI 03 Belanga menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis masih tergolong rendah dapat dilihat dari hasil UAS yang masih dibawah KKM (nilai > 70). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Flipped Classroom dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) ditinjau dari gaya belajar. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs GUPPI 03 Belanga. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik acak (cluster random sampling) dan terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model Flipped Classroom dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan VII D sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran ekspositori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% dan didapatkan kesimpulan (1) Terdapat pengaruh Flipped Classroom dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) Tidak terdapat pengaruh gaya belajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara Flipped Classroom dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan gaya belajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci : Gaya Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Ekspositori, Flipped Classroom, Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:17
Last Modified: 15 Apr 2021 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13753

Actions (login required)

View Item View Item