PERBEDAAN IDENTITAS DIRI SISWA DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM DAN SEKOLAH BERBASIS UMUM

Perti, Feliyan (2021) PERBEDAAN IDENTITAS DIRI SISWA DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM DAN SEKOLAH BERBASIS UMUM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT Perti Feliyan.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Perti Feliyan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERBEDAAN IDENTITAS DIRI SISWA DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM DAN SEKOLAH BERBASIS UMUM Oleh : Perti Feliyan Identitas diri merupakan prinsip kesatuan yang membedakan diri seseorang dengan orang lain. Individu harus memutuskan siapakah dirinya sebenarnya dan bagaimanakah perannya dalam kehidupannya nanti (Kartono dan Gulo, 2003). Pengalaman selama hidup seperti pendidikan, budaya, jenis kelamis, latar belakang keluarga, teman sebaya dan dimana remaja itu tinggal akan memberikan pengaruh terhadap identitas diri remaja yang bersangkutan. Kurangnya informasi dan pengetahauan remaja banyak yang mengalami kebingungan untuk menentukan masa depannya, seperti kebingungan identitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan identitas diri siswa di sekolah berbasis Islam dan sekolah berbasis umum. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah ada perbedaan identitas diri siswa yang ada di sekolah berbasis Islam dengan sekolah berbasis umum. Subjek penelitian ini ialah siswa MTs Negeri 1 dan SMP Negeri 35 Bandar Lampung yang berjumlah 90 dari sekolah MTs Negeri 1 dan 88 SMP Negeri 35 Bandar Lampung yang diambil dengan menggunakan tenik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan skala identitas diri 37 aitem ( =0.932). Uji perbedaan menggunakan teknik t-test dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara identitas diri pada siswa di sekolah berbasis Islam dan sekolah bebasis umum. Identitas diri siswa di sekolah berbasis Islam dengan nilai rerata sebesar 110.94 lebih tinggi dibandingkan dengan identitas diri siswa di sekolah berbasis umum dengan nilai rerata 84.69 yang berarti siswa yang ada di sekolah berbasis Islam mempunyai identitas diri yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang sekolah di sekolah berbasis umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:55
Last Modified: 14 Apr 2021 04:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13752

Actions (login required)

View Item View Item