KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL MENURUT AMIN ABDULLAH

AHMAD, SAIFUL HAMMAM (2021) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL MENURUT AMIN ABDULLAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_AHMAD SAIFUL HAMMAM_NPM. 1311010219.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Menurut Amin Abdullah, cara yang paling tepat untuk mempertahan kan tradisi dan identitas keagamaan di atas adalah melalui jalur pendidikan. Hal ini disebabkan karena pendidikan adalah alat yang paling efektif untuk meneruskan,melanggengkan, mengawetkan, dan mengonservasi tradisi dari satu generasi kegenerasi selanjutnya, dari abad yang satu ke abad yang lain.Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Kualitatif, sementara Penelitian ini bersifat deskriilif, jenis data dalam penelitian ini terdiri dari 2 jenis data primer dan data skunder, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan studi kepustakaan, sedangkan pengolahan datanya dengan menggunakan editing. koding, tabulasi dan interprestasi data adapun analisis datanya nenggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian di atas tentang Konsep pendidikan Islam Multikultural menurut Amin Abdullah adalah pendidikan agama yang bernafaskan perdamaian, merniliki kepekaan terhadap realitas sosial, lebih mengutamakan keselamatan sosial, serta dilandasi dengan nilai-nilai persatuan dan keadilan seperti yang terkanoung dalam al-Qur'an dan hadis sehingga peserta didik mampu menerirna, mengakui dan menghargai perbedaan orang lain. Pendidikan agama Islam multikultural rnenggunakan seperangkat metodolc;;: !:;:)ilmuan yang dapat membantu sescorang memahami pengetahuan secara komprehensif, yakni hermeneutika. Para pendidiknya harus mampu menyampaikan, rnemahamkan sampai mewariskan tradisi yang sudah diyakini sebagai suatu kebenaran yang mutlak dan mampu memberi pemahaman kepada peserta didik untuk mampu mengakui, menerima dan menghargai keberadaan kelompok lain. Tujuan pendidikan Agama Islam Multikultural adalah menciptakan masyarakat madani yang menjunjung tinggi konsep social contract, yaitu sebuah konsep yang setiap individu dan kelompok memiliki hak dan kewajiban sama, meskipun mereka berada di bawah latar belakang yang berbeda. Urgensi pendidikan multicultural dalam pendidikan Islam menurut Amin Abduliah adalah membangun pemahaman beragama yang inklusif dan menciptakan kerukunan antarumat beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:47
Last Modified: 14 Apr 2021 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13748

Actions (login required)

View Item View Item