TERAPI DZIKIR DALAM PENINGKATAN KETENANGAN JIWA PADA JAMA’AH THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH (Studi di pondok pesantren Roudlotus Solihin 7 Sukoharjo 58 Sekampung Lampung Timur)

Misy, Putri Nurentiana (2021) TERAPI DZIKIR DALAM PENINGKATAN KETENANGAN JIWA PADA JAMA’AH THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH (Studi di pondok pesantren Roudlotus Solihin 7 Sukoharjo 58 Sekampung Lampung Timur). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK TERAPI DZIKIR DALAM PENINGKATAN KETENANGAN JIWA PADA JAMAAH THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH (Studi di pondok pesantren Roudlotus Solihin 7 Sukoharjo 58 Sekampung Lampung Timur) Oleh : Misy Putri Nurentiana Penelitian ini berjudul “Terapi Dzikir Dalam Peningkatan Ketenanagan Jiwa Pada Jama‟ah Thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah (Studi di pondok pesantren Roudlotus Solihin 7 Sukoharjo 58 Sekampung Lampung Timur)” Sebelumnya jama‟ah ketika mengalami masalah maka akan bersedih dan putus asa namun perubahan yang luar biasa dirasakan setelah melaksanakan dzikir ini.Sehingga, rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan dzikir dan apa pengaruh dzikir dalam Thoriqah Qadiriyah wa Naqsabandiyahdi Ponpes Rudlotus Solihin 7 Sukoharjo. Penelitian ini betujuan untuk mengugkap dan menjelaskan bacaan serta tata cara terapi dzikirdan mengetahui dampak terapi dzikir dalam peningkatan ketenangan jiwa pada jama‟ah Thoriqah Qadiriyah wa Naqsabandiyahdi Ponpes Roudlotus Solihin 7 Sukoharjo kec Sekampung. Penelitan ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Reseach), sedangkan sifat penelitiannya termasuk penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Selanjutnya diadakan perumusan kesimpulan dengan menggunakan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan dan teori yang mendukung, dalam penelitian ini menemukanpengaruh pelaksanaan dzikir tarekat di pondok Pesantren Roudlotus Solihin 7 Sukoharjo 58 Sekampung Lampung Timurini menjadikan jiwa lebih tenang, menumbuhkan jiwa yang sabar dalam menghadapi masalah dan cobaan, menumbuhkan jiwa optimis dan penuh harap sehingga tidak mudah berputus asa dan menumbuhkan rasa dekat dengan Allah dalam kehidupan sehari�hari. Kata kunci : Terapi dzikir, Ketenangan jiwa, Thoriqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:57
Last Modified: 14 Apr 2021 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13747

Actions (login required)

View Item View Item