PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARTNNG TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MASYARIQUL ANWAR 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

SUKMALA, DEWI (2021) PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARTNNG TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MASYARIQUL ANWAR 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of DEWI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I-II DAPUS GABUNGAN.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Strategi Active Learning Teknik Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung Proses pembelajaran matematika di MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung, masih didominasi oleh guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Untuk itu perlu diberikan suatu pendekatan pembelajaran yang kemudian dapat menunjang hasil belajar peserta didik agar lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. “Apakah terdapat pengaruh strategi group investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui adanya pengaruh strategi group investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung dan didapatkan kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas control. Analisis data yang digunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 hal ini dapat dilihat dari thitung > ttabel. Adanya hipotesis yang diajukan pada penelitian ini H0 : Tidak terdapat pengaruh group investigation terhadap hasil belajar peserta didik. H1 : Terdapat pengaruh group investigation terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung memperoleh nilai 14,841 dan ttabel adalah 1,688 sehingga hsilnya thitung > ttabel yang artinya HI diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada penerapan strategi group investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Kata kunci : Pengaruh Strategi Group Investigation, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:31
Last Modified: 14 Apr 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13746

Actions (login required)

View Item View Item