ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL & RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) BIOLOGI UMUM BERBASIS PENELITIAN UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

RIO, SETIAWAN (2021) ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL & RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) BIOLOGI UMUM BERBASIS PENELITIAN UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of MODUL RIO ACC.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of MODUL RIO ACC.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL & RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) BIOLOGI UMUM BERBASIS PENELITIAN UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan pengembangan modul dan analisis rencana pembelajaran semester (RPS) mata kuliah biologi umum di kampus UIN Raden Intan Lampung. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Instrument yang digunakan berupa pengumpulan data serta wawancara dengan dosen dikampus UIN Raden Intan Lampung. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa (1) pencapaian pembelajaran ; mahasiswa mampu mendeskripsikan peranan biologi umum dan mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari. (2) materi yang disajikan dalam pembelajaran belum aplikatif. (3) pemahaman mahasiswa terkait materi biologi umum masih tergolong rendah karena akses mahasiswa mencari buku�buku mata kuliah biologi umum dikampus terbatas. Hasil analisis penelitian ini digunakan sebagai bahan dasar pengembangan Modul dan RPS Biologi Umum yang disesuaikan dengan hasil analisis dan data-data yang sudah ada. Kata kunci : analisis kebutuhan, Modul Biologi Umum, Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:02
Last Modified: 14 Apr 2021 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13741

Actions (login required)

View Item View Item