PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

INTAN, PRATIWI (2021) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL INTAN PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN PRATIWI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELEJARAN BIOLOGI Oleh: Intan Pratiwi Kemampuan pemecahan masalah dan literasi lingkungan pada peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 1 Sukoharjo masih tergolong dalam kategori rendah karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan pemecahan masalah dan literasi lingkungan peserta didik kelas X pada mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian yaitu Quasy Eksperimental Design, dengan desain penelitian Post Test Only Control Group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling yaitu Cluster Random Sampling, sehingga didapat kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan X IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes (soal essay) yang merupakan tes kemampuan pemecahan masalah dan non tes (angket) yang digunakan untuk mengukur literasi lingkungan peserta didik. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan uji-t independent. Pada uji prasyarat dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dengan memakai metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Fisher. Berdasarkan hasil penelitian dari kedua sampel diketahui bahwa data pada kemampuan pemecahan masalah dan literasi lingkungan berdistribusi normal dan homogen,sehingga hasil analisis data yang telah dilakukan dengan melakukan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan pemecahan masalah dan literasi lingkungan peserta didik. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t berdasarkan t-tabel < t�hitung, dan diperoleh pada kemampuan pemecahan masalah memiliki skor 2,045 < 18,496 dan pada literasi lingkungan memiliki skor 2,045 < 16,085, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah dan literasi lingkungannya. Kata Kunci : Metode Brainstorming, Kemampuan Pemecahan Masalah, Literasi Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2021 04:02
Last Modified: 13 Apr 2021 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13731

Actions (login required)

View Item View Item