IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH BANDAR LAMPUNG

Mertika, Sari (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Mertika Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi embelajaran fiqih bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam secara terperinci dan menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan aqli melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran fiiqh di pondok pesantren Darul Falah. Jenis penelitian adalah kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif analisis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, obervasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pemimpin pondok pesantren Darul Falah, Ustadz pengajar fiqih dan santri.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini, yaitu Pembelajaran fiqih bab thaharah kitab Safina di Pondok Pesantren Darul Falah meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut pembelajaran. Penyusunan perencanaan pembelajaran terdiri dari silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), kurikulum yang digunakan kurikulum salaf, sehingga sumber ajar berpedoman pada kitab kuning. Kitab kuning yang digunakan sesuai dengan tingkatan progam yang di Pesantren Darul Falah. Standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dicapai, santri mampu membaca, mengartikan dan menerangkan kitab fiqih tingkat dasar yaitu kitab Safina. Komponen-komponen silabus saling berhubungan satu sama lain. Silabus dan RPP dalam penyusunan tidak tertulis secara langsung, tetapi secara gambaran lisan. Oleh sebab itu, pemimpin pondok pesantren dan Ustadz dapat bekerjasama dalam menentukan silabus dan RPP secara rinci, karena penyusunan rencana pembelajaran mempengaruhi ketercapaian proses pembelajaran, memudahkan ustadz dalam mengajar dan memudahkan mengetahui standar pengetahuan santri setiap bab mata pelajaran fiqih. Karena Silabus dan RPP yang dijelaskan masih bersifat umum membahas kitab kuning yang digunakan bukan mata pelajaran. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum salaf dan menggunakan metode sorogan, dengan tiga thapan pembukaan memberikan motivasi dan tujuan pembelajaran serta konsep materi yang akan dibahas. Evaluasi pembelajaran menggunakan alat tes berupa tertulis yaitu ulangan semester, tes lisan berupa tanya jawab yaitu santri satu persatu membaca, mengartikan dan menerangkang kitab kuning sesuai arahan Ustadz, dan non tes berupa pengamatan ibadah santri. Kemudian tindak lanjut pembelajaran santri dengan memberikan tugas mandiri untuk menghafal materi bab kitab yang telah diberikan. Kata Kunci: Pesantren, Pembelajaran Fiqih, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi,TindakLanjut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2021 03:02
Last Modified: 13 Apr 2021 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

View Item View Item