PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

NENI, SUHAERIYAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI NENI SUHAERIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of COVER, BAB 1. BAB 2 DAPUS NENI SUHAERIYAH.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG Oleh NENI SUHAERIYAH Penelitian yang telah dilakukan di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 ini didasari oleh adanya beberapa masalah yang ditemukan di lapangan yaitu bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centere), keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran masih kurang aktif, hanya didominasi oleh beberapa peserta didik saja. Kurangnya respon terhadap materi yang disampaikan oleh guru memberi dampak terhadap peserta didik dalam pembelajarannya, yaitu sulit untuk memahami konsep. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran untuk mengiringi pembelajaran yang melibatkan peserta didik agar lebih berperan aktif dan memanfaatkan potensi yang telah dimiliki peserta didik. Tujuan dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan sikap belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design. Penelitian ini dilakukan di kelas VII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (VII A) yang diterapkan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol (VII B) yang menggunakan pembelajaran direct instruction. Populasi pada penelitian seluruh kelas VII yang berjumlah 202 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes (pretest, posttest) dan non tes (angket sikap belajar). Setelah semua data tes dikumpulkan, selanjutnya akan dianalisis menggunakan analisis statistic inferensial dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan sikap belajar peserta didik kelas VII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Dengan nilai rata-rata pemahaman konsep pretest pada kelas eksperimen adalah 56 dan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 78. Sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol adalah 54 dan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol adalah 61. Hasil uji MANOVA Satu Jalur pemahaman konsep menunjukan hasil sig 0.00 < 0.05, sedangkan nilai sikap belajar hasil uji MANOVA Satu Jalur menunjukan hasil sig 0.02< 0.05. Hal tersebut menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, dan Sikap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2021 02:57
Last Modified: 13 Apr 2021 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13723

Actions (login required)

View Item View Item