EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BELAJAR DENGAN PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Mukhlis, M (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BELAJAR DENGAN PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_MUKLIS.pdf]
Preview
PDF
Download (64MB) | Preview

Abstract

perubahan tingkah laku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktik untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan muculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Dalam proses pembelajaran , jika seorang peserta didik tidak memiliki motivasi yang baik, maka akan sulit untuk dapat mencapai tujuan dari pembelajaran. Hasil belajar akan optimal jika peserta didik memiliki motivasi dalam belajar, semakin tepat motivasi yang diberikan , maka akan semakin berhasil pula proses pembelajaran itu. Motivasi belajar yang rendah masih terdapat pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui keefektivan layanan bimbingan konseling belajar dengan pendekatan realitas untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design. Pada dua kelompok tersebut, sama-sama dilakukan pre-test dan post-test., dalam penelitian ini fokus memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang keefektivan layanan bimbingan konseling belajar dengan pendekatan realitas untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sedangkan teknik pengumpul data yang penulis gunakan yaitu Observasi dan angket motivasi belajar. Adapun hasil yang di peroleh adalah hasil perhitungan pengujian diperoleh thitung 3,000 pada derajat kebebasan (df) 73 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 1,992, maka thitung ≥ ttabel (3,000 ≥ 1,992) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.004 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, selain itu didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (24,6 ≥ 21,7). Hal tersebut membuktikan layanan bimbingan konseling belajar dengan pendekatan realitas efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Kata Kunci: Bimbingan Konseling Belajar, Pendekatan Realitas, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Sep 2017 03:16
Last Modified: 18 Sep 2017 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item