STRATEGI KOMUNIKASI PONDOK PESANTREN MADARIJUL ULUM PENANGGUNGAN KEC. GUNUNG ALIP KAB. TANGGAMUS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI

SELDA, RENALDA (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PONDOK PESANTREN MADARIJUL ULUM PENANGGUNGAN KEC. GUNUNG ALIP KAB. TANGGAMUS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI SELDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi antara dua orang atau lebih, selain itu komunikasi juga dapat digunakan sebagai alat transformasi nilai agama, sosial dan pembinaan. Strategi adalah sebuah rencana untuk mencapai suatu tujuan.Rumusan masalah dalam penelian ini adalah bagaimana strategi komunikasi Pada Pondok Pesantren Madarijul Ulum Penanggungan Kec. Gunung Alip, Kab. Tanggamus dalam meningkatkan minat belajar santri? Dan apa saja faktor penghambat dan pendukung strategi komunikasi di Pondok Pesantren Madarijul Ulum Penanggungan Kec. Gunung Alip Kab. Tanggamus? Pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif dari mengambil latar di Pondok Pesantren Madarijul Ulum, subyek dari penelitian ini adalah pengurus Pondok Pesantren Madarijul Ulum dengan menggunakan metode nonprobality sampling dengan tehnik nonprobaliti sampling yang digunakan di penelitian ini berjenis purposive sampling yang merupakan tehnik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sehingga terdapat kateria dalam menentukan sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data tentang langkah-langkah penyusunan strategi komunikasi serta penerapan dalam proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Madarijul Ulum, dalam meningkatkan minat belajar melalui strategi Membimbing, Mengawasi Dan Hukuman. faktor pendukung yaitu yang pertama, keinginan untuk belajar yang dimiliki santri. Yang kedua. Keteladanan sikap dari para pengasuh adanya tanggung jawab dan loyalitas ustadz dan ustadzah dalam membina santri Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu yang pertama, kepribadian serta latar belakang santri yang berbeda-beda membuat para pengurus mendapat kesulitan dalam menghadapi mereka. Yang kedua, kurangnya fasilitas dari pondok pesantren. Kesimpulannya Strategi Komunikasi yang digunkan pondok pesantren madarijul ulum berhasil meningkatkan minat belajar santri menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:15
Last Modified: 12 Apr 2021 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

View Item View Item