PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MEDIA WHATSAPP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PGRI 01 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

MELINIA, RAHMADANI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MEDIA WHATSAPP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PGRI 01 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT  BAB 1 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELI FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MEDIA WHATSAPP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PGRI 01 KOTABUMI LAMPUNG UTARA Oleh Melinia Rahmadani Diterapkannya pembelajaran secara daring (online) ditengah pandemi ini diharapkan agar proses pembelajaran masih tetap berjalan lancar walaupun hanya dilaksanakan secara daring dan supaya pembelajaran masih dapat berjalan secara lancar dan efektif. Namun terdapat beberapa masalah atau kendala yang dihadapi peserta didik pada pelaksanaan pembelajara jarak jauh ini, seperti biaya, motivasi belajar, layanan, umpan balik, kurangnya pengalaman serta kebiasaan. Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh. Dalam penelitian ini Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan menggunakan media whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi pesan dan lain-lain untuk smartphone. Selain mengirimkan pesan whatsapp tersebut saling berkaitan sehingga akan menghasilkan aktivitas belajar yang optimal. Aktivitas belajar adalah aktivitas yang bersifat fisik maupun mental, dimana dalam kegiatan belajar kedua aktivitas tersebut saling berkaitan sehingga akan mengahasilkan aktivitas belajar yang optimal. Aktivas beajar disini dilihat dari aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Pendidikan agama islam ialah usaha yang dilakukan untuk mengembangkan seluruh potensi manusia baik lahir maupun batin agar terbentuknya pribadi muslim seuntuhnya Penelitian ini merupakan. Jenis penelitian kuantitatif berdasarkan metode survei dengan penelitian explanatory research. Penelitian explanatori merupakan penelitian yang menjelaskan pengaruh antara variabel X dan Y. penelitian explanatory merupakan penelitian yang menjelaskan tentang hubungan kausal (sebab-akibat) antara variable- variabel yang mempengaruhi hipotesis, Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI, XII SMA PGRI 01 Kota Baru Lampung dengan jumlah populasi 337 peserta didik. Sampel penelitian yaitu kelas XB, XI IPA, XII IPS sebagai kelas sampel dengan model pembelajaran daring media whatsapp. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan regresi sederhana. Hasil dari regresi membuktikan bahwa variabel pembelajaran daring media whatsapp memiliki nilai thitung sebesar 2,882 dengan signifikasi 0,005. Hal ini berarti bahwa thitung (2,882) > ttabel (1,989) maka ho ditolak sehingga variabel pembelajaran daring media whatsapp secara statistic denga alfha = 5% memiliki pengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa pada materi PAI. Hal ini dibuktikan dengan nilai (sig 0,005 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti variabel pembelajaran daring media whatsapp dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa di SMA PGRI 01 Kota Bumi Lampung Utara.. Kata Kunci : Media Pembelajaran Daring, Media Whatsapp, Aktivitas Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Apr 2021 06:57
Last Modified: 09 Apr 2021 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13702

Actions (login required)

View Item View Item