PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK KELAS IV SD/MI

NADDEA, NUR ULFASARI (2021) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NADEA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1). Mengetahui proses modul tematik berbasis model project based learning kelas IV SD/MI, 2). Mengetahui kelayakan modul tematik berbasis model project based learning kelas IV SD/MI, 3). Mengetahui evektifitas modul tematik berbasis model project based learning kelas IV SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengambangan 4-D (Four D). Adapun langkah pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah 1).Tahap pendefinisan (define), 2).Tahap perancangan (design), 3).Tahap pengembangan (developmen), dan 4).Tahap penyebaran (disseminate) dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan skala Likert untuk respon.Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa serta hasil uji coba tanggapan pendidik dan peserta didik. Media yang dikembangkan diuji cobakan kepada 20 peserta didik kelas IV di SD Negeri Karang Rejo Lampung Utara, dan 10 peserta didik di MIMA 4 Sukabumi Bandar Lampung. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 80% dengan kriteria sangat valid berdasarkan aspek kesesuaian materi dengan KI dan KD, keakuratan materi, teknik penyajian, hakikat kontekstual.Validasi ahli media pada aspek desain sampul, kesesuaian isi dan teknik penyajian memperoleh skor rata-rata 80% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli bahasa pada aspek lugas, kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, komunikatif, kesesuaian dengan kaidah bahasa memperoleh rata-rata skor 61,25% dengan kriteria valid. Respon peserta didik di SD Negeri Karang Rejo Lampung Utara pada uji coba kelompok besar memperoleh rata-rata skor 76% yang merupakan kriteria sangat menarik, sedangkan respon peserta didik di MIMA 4 Sukabumi Bandar Lampung pada uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata skor 85% dengan kriteria menarik. Kata Kunci: Pengembangan Modul Tematik, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Apr 2021 06:48
Last Modified: 09 Apr 2021 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13700

Actions (login required)

View Item View Item