PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) DAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

DHUROTUN, NASIHAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) DAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)
[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran mmatematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IX di MTs Riyadlatul Ulum tergolong rendah, hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester genap tahun ajaran 2019/2020 dimana peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM (nilai sebanyak 16 dari 86 peserta didik. Peneliti tertarik untuk menenrapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Tujuan penelitian adalah guna mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Scaffolding terhadap kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis quasy eksperimental design dengan rancangan penelitian dengan rancangan penelitian faktorial 3 x 2. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik VIII di MTs Riyadlatul Ulum. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, wawancara dan tes. Sebelum dilakukan uji analisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis Of Variance (Manova). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji manova, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Scaffolding terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik,terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Scaffolding terhadap kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Scaffolding, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Apr 2021 02:52
Last Modified: 09 Apr 2021 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13689

Actions (login required)

View Item View Item