PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PURBOLINGGO

MIFTA, NURUL AZIZAH (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PURBOLINGGO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI Mifta N. A..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of COVER BAB 1,2,DAPUS  Mifta N. A..pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PURBOLINGGO Oleh : Mifta Nurul Azizah Penelitian ini dilatar belakangi untuk pengembangan, kelayakan dan kefektifan hasil pengembangan model Discovery Experiental Learning, serta mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan model pembelajaran Discovery learning yang diintegrasikan dengan model Experiental Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dikelas XI SMA N 1 purbolinggo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Langkah�langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE dengan 5 tahapan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N1 Purbolinggo dengan responden 66 peserta didik dari kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 pada materi sistem pencernaan. Pengujian kelayakan oleh ahli model pembelajaran, ahli perangkat pembelajaran, ahli materi dan media, serta ahli KPS. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket/kuesioner, observasi, tes, dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran discovery learning yang diintegrasikan dengan model experiental learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains. layak diimplementasikan mendapatkan penilaian validasi ahli model 83%, validasi ahli perangkat pembelajaran RPP 88%, dan silabus 88%, validasi ahli materi dan media 88%, validasi soal KPS 91%. Termasuk dalam krikteria sangat layak digunakan sebagai model pembelajaran. Implementasi rata-rata lembar observasi XI MIA 2 sebesar 84,57%, XI MIA 3 sebesar 78,66%. Nilai rata-rata N-Gain keterampilan proses sains XI MIA 2 yaitu 0,63 dengan krikteria sedang dan N-Gain keterampilan proses sains XI MIA 3 yaitu 0,54 dengan krikteria sedang. Sehingga pengembangan model pembelajaran discovery learning yang diintegrasikan dengan experiental learning efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Kata Kunci: ADDIE, Model Discovery Learning, Experiental Learning, Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Apr 2021 02:37
Last Modified: 09 Apr 2021 02:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13687

Actions (login required)

View Item View Item