TINJAUAN FIQH SIYASAH TENTANG ETIKA KAMPANYE CALON LEGISLATIF PADA PEMILU 2019 (Studi pada DPC Partai Gerindra Kabupaten Lampung Timur)

HADI, FUTRA (2021) TINJAUAN FIQH SIYASAH TENTANG ETIKA KAMPANYE CALON LEGISLATIF PADA PEMILU 2019 (Studi pada DPC Partai Gerindra Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kampanye pemilihan adalah kegiatan manawarkan visi, misi, dan program calon pemimpin atau informasi lainya yang bertujuan untuk mengenalkan atau meyakinkan pemilih. Kampanye politik merupakan kegiatan atau gerakan untuk menarik simpati dari masyarakat sehingga dapat memberikan hak suaranya secara sukarela. Penelitian ini difokuskan pada etika kampanye calon legislatif Partai Gerindra Kabupaten Lampung Timur pada Pemilu 2019. Adapaun yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana etika kampanye calon legislatif Partai Gerindra Kabupaten Lampung Timur pada Pemilu 2019. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui etika kampanye calon legislatif Partai Gerindra Kabupaten Lampung Timur pada Pemilu 2019 menurut Fiqh Siyasah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian hasilnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan etika kampanye calon legislatif Partai Gerindra Kabupaten Lampung Timur pada Pemilu 2019 menurut ketua DPC Partai Gerindra kampanye politik yang dilakukan para calon legislatif dari Partai Gerindra sepenuhnya dinilai baik karena sesuai dengan peraturan-peraturan berkampanye politik seperti halnya melakukan kegiatan kampanye dengan etika yang sopan, santun tidak menggunakan kata-kata yang kasar dan arogan serta tidak menjelek-jelekan atau menjatuhkan calon lain itu semua telah dilakukan. Adanya suatu kericuhan di tengah-tengah masyarakat pada saat berkampanye menjadi pembelajaran bagi Partai Gerindra Kabupaten Lampung timur untuk ke depanya supaya tidak terjadi lagi hal-hal seperti itu. Pandangan Fiqh Siyasah terhadap etika kampanye calon legislatif Partai Gerindra Kabupaten Lampung Timur pada Pemilu 2019 telah sesuai dengan Syariat Islam seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Yusuf ayat 55 menjelaskan tentang konsep menawarkan diri untuk menjadi seorang pemimpin jika dirinya merasa mampu dan mempunyai sifat adil. Serta konsep kampanye dengan cara terjun langsung ke lapangan dan bertemu dengan masyarakat seperti apa yang dilakukan Khalifah Umar Bin Khattab telah sesuai dengan apa yang dilakukan para caleg Partai Gerindra Kabupaten Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:31
Last Modified: 08 Apr 2021 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13678

Actions (login required)

View Item View Item