PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) BERBANTUAN APPYPIE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

ERNA, SARI (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) BERBANTUAN APPYPIE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of ERNA SARI_1611050385.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon pendidik dan peserta didik, serta keefektivitasan media pembelajaran berupa buku saku digital berbasis STEM berbantuan appypie terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi SPLDV. Subyek penelitian ini adalah peserta didik MTs 2 Negeri Bandar Lampung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan angket respon peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis, design, development, implementation, evaluation. Adapun hasil analisis data yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan rata-rata skor 3,63 ahli materi dan 3,73 ahli media. Hasil respon peserta didik dinyatakan media pembelajaran yang dikembangkan sangat menarik untuk digunakan dengan rata-rata skor 3,52 untuk uji coba kelas kecil dan 3,77 untuk uji coba kelas besar. Adanya COVID-19 yang terjadi secara global diseluruh dunia menyebabkan penelitian hanya terbatas pada tahap development, sehingga uji efektivitas buku saku digital berbasis STEM berbantuan appypie dalam proses pembelajaran tidak dapat dilaksanakan. Kata kunci: Buku Saku Digital; Science, Technology, Engineering, And Mathemtics; STEM; Appypie; Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:16
Last Modified: 08 Apr 2021 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item View Item