PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS FREE INQUIRY LABORATORY UNTUK MENGAKOMODASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA

MONICA, JULIA SARI (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS FREE INQUIRY LABORATORY UNTUK MENGAKOMODASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MONICA JULIA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS FREE INQUIRY LABORATORY UNTUK MENGAKOMODASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA Oleh : Monica Julia Sari Pendidikan merupakan suatu upaya perubahan prilaku dan sikap seseorang untuk menyiapkan diri ketahap pendewasaan melalui kegiatan pengajaran maupun pelatihan untuk meningkatkan kualitas seseorang berpengaruh kepada pendidikan yang baik. Konsep pembelajaran biologi dalam kurikulum 2013 ialah sistem pembelajaran yang ditekankan pada peserta didik sedangkan pendidik berperan penting untuk menyediakan pengalaman belajar melalui berbagai penerapan konsep dengan di dukung perangkat pembelajaran yang memadai berupa hajan ajar seperti modul. Penggunaan modul diharapkan dapat mengarahkan peserta didik untuk belajar aktif dan mengakomodasi keterampilan peserta didik berupa keterampilan proses sains. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kelayakan modul berbasis Free Inquiry Lab pada meteri sistem sirkulasi peserta didik (2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap modul berbasis Free Inquiry Lab pada materi sistem sirkulasi peserta didik (3) untuk mengetahui efektifitas modul berbasis Free Inquiry Lab pada materi sistem sirkulasi untuk mengakomodasi keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Depelopment (R&D). prosedur penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE, Adapun langkah-langkah penelitian meliputi 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket kebutuhan peserta didik, angket respon pendidik dan peserta didik, angket uji validasi, observasi. Kata Kunci : Pengembangan modul Free Inquiry Lab, Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:09
Last Modified: 07 Apr 2021 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13669

Actions (login required)

View Item View Item