PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KH. ABDUL WAHID HASYIM

SABAR, Sugeng (2021) PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KH. ABDUL WAHID HASYIM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT SABAR 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP SABAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KH. ABDUL WAHID HASYIM Oleh : SABAR Perkembagan pendidikan Islam telah membawa perubahan terhadap aspek kehidupan manusia. Perubahan institusi pendidikan Islam di kalangan kaum tradisional hampir tidak pernah semuanya tersentuh, meskipun di temukan persamaan antara institusi pendidikan tradisional dengan institusi perubahan modernis. Adapun tokoh pendidikan Islam yang dikenal harum di kalangan tradisional adalah KH. Abdul Wahid Hasyim. Beliau dikenal sebagai seorang figur mata rantai yang menjembatani peradaban pesantren dengan peradaban Islam modern. Berangkat dari permasalahan diatas, maka penulis merumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pembaruan pendidikan Islam dalam perspektif KH. Abdul Wahid Hasyim?, 2) Bagaimana bentuk-bentuk pembaruan pendidikan Islam dalam perspektif KH. Abdul Wahid Hasyim? Adapun jenis penelitian yang dilakukan ini tergolong dalam penelitian studi perpustakaan (library research). Penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan, seperti berupa buku, catatan, makalah, dan lain-lain sebagainya yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa gagasan pendidikan Islam KH. Abdul Wahid Hasyim di latarbelakangi oleh kekecewaan dan sentiment negatif kepada kolonialisme yang menganaktirikan masyarakat asal pribumi terkait hak-hak kewajiban untuk mengenyam ilmu Pendidikan, dan kondisi Umat Islam Indonesia yang terbelakang dalam hal Ilmu Pendidikan. Hal tersebut mendorong KH. Abdul Wahid Hsyim untuk meramu Pendidikan Islam untuk memajukan serta ii `mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dengan mendirikan Madrasah Nizamiyyah. Upaya yang di lakukan KH. Abdul Wahid Hasyim dalam memajukan pendidikan Islam yang dapat kita rasakan sekarang ini seperti melakukan pembaruan sistem pendidikan madrasah di bidang kelembagaan, metodologi, perpustakaan, dan kurikulum. Serta pembaruan sitem pendidikan nasional seperti madrasah wajib belajar, pendidikan umum di madrasah, pendidikan agama di sekolah umum, dan mendirikan perguruan tinggi Islam di Indonesia. Perguruan Tinggi Agama Islam yang di dirikan KH. Abdul Wahid Hasyim, yaitu : Pendidikan Guru Agama (PGA), pembaruan Sekolah Guru Hakim Agama Negeri (SGHAN). dan mendirikan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) kemudian berkembang pesat dalam bentuk Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN), dan hingga sekarang ini sebagian telah berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Kata Kunci : Pembaruan Pendidikan Islam KH. Abdul Wahid Hasyim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Apr 2021 05:28
Last Modified: 07 Apr 2021 05:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13667

Actions (login required)

View Item View Item