IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMANEGERI 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR

ERNI, SETIAWATI (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMANEGERI 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL ERNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan bagian penting untuk menentukan kemajuan suatu Bangsa. Di era globalisasi ini, pendidikan karakter sangat diperlukan, karena dapat dijadikan wadah atau proses untuk membentuk peserta didik agar menjadi pribadi yang baik terutama dalam aspek sikap, keterampilan maupun pengetahuan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih perlunya pembelajaran di sekolah yang mengedepankan pembelajaran berbasis interaksi sosial yang membantu dalam pendidikan karakter peserta didik, perlunya nilai pendidikan karakter peduli terhadap lingkungan di sekolah yang dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan kondisi belajar mengajar yang lebih kondusif, dan adanya Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur untuk memberikan nilai pendidikan karakter peduli terhadap lingkungan pada peserta didik disekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PAI Melalui Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan datanya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahannya dilakukan dengan ketekunan, pengamatan, dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI Program Adiwiyata dimulai dari perencanaan kegiatan pembelajaran PAI kelas XI yang ada di SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur sudah terlaksana dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan adanya perangkat pembelajaran seperti prota (Program Tahunan), prosem (Program Semester), silabus, dan RPP (Rencana Pelaksanan Pembelajaran) yang dikaitkan dengan nilai pendidikan karakter untuk membangun sikap peduli lingkungan peserta didik. Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI pada pendahuluan, guru PAI selalu membiasakan peserta didik untuk merapikan tempat duduk, membuang sampah yang ada disekitarnya, dan bertadarus Al-Qur’an bersama yang merupakan pengamalan dari Adiwiyata. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran difokuskan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang terkait dengan Adiwiyata, yang meliputi nilai (1) disiplin, (2) peduli lingkungan, (3) tangung jawab, (4) kerja keras, (5) toleransi, dan (6) cinta tanah air. Untuk evaluasi/penilaian hasil pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, penilaian yang dilakukan meliputi tes tertulis, dan diskusi. Sedangkan evaluasi dari pengintegrasian PAI dengan pendidikan karakter Adiwiyata menggunakan penilaian sikap yang dilihat dari kebiasaan peserta didik dalam kesehariannya di kelas, seperti berpakaian rapi, melaksanakan tugas piket, saling menghargai, dan membuang sampah pada tempatnya. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Program Adiwiyata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:24
Last Modified: 07 Apr 2021 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13661

Actions (login required)

View Item View Item