UPAYA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 16 WAY RATAI KABUPATEN PESAWARAN

LENI, WIJIYANTI (2021) UPAYA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 16 WAY RATAI KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LENI WIJAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sejak di tetapkannya kurikulum 13 oleh pemerintah bahwasanya untuk jenjang pendidikan di Indonesia harus memakai kurikulum 13, maka di sekolah SDN 16 Way Ratai mulai menggunakan kurikulum 13, tetapi untuk tahun pertama dan tahun kedua di terapkannya kurikulum 13 masih mengalami kesulitan dalam pembuatan raport karena minimnya pengetahuan IT untuk para tenanga pendidik, tetapi untuk 2 tahun terakhir kepala sekolah sering mengikut sertakan para tenanga pendidik untuk mengikuti penataran (workshop) kurikulum 13. Setelah seringnya kepala sekolah mengikut sertakan tenaga pendidik dalam penataran maka dua tahun terakhir pengetahuan tenaga pendidik sudah mulai meningkat dalam menggunakan IT. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, penelitian dilakukan di SDN 16 Way Ratai Kabupaten Pesawaran. Sumber data dari penelitian diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verification. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan yaitu upaya kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kinerja guru SDN 16 Way Ratai Kabupaten Pesawaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penggunaan ilmu teknologi khususnya penggunaan aplikasi e-raport tidak semua guru menguasainya, namun mareka sepenuhnya berusaha untuk terus belajar profesional mengikuti perkembangan zaman untuk meningkatkan mutu pendidikan. Karena di SD Negeri 16 Way Ratai sudah menggunakan raport K-13, maka dari itu para guru dituntut untuk bisa mengguanakannya. Oleh karena itu penulis menyimpulkan bahwa tidak semua guru menguasainya penggunaan ilmu teknologi khususnya penggunaan aplikasi e-raport, namun mareka sepenuhnya berusaha untuk terus belajar profesional mengikuti perkembangan zaman untuk meningkatkan mutu pendidikan. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru merupakan hal yang sangat penting bagi keberhasilan tujuan dalam organisasi. SDN 16 Way Ratai Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu lembaga yang cukup baik dalam melaksakan upaya meningkatkan kinerja guru, karena dituntut untuk mempunyai guru yang berkualitas dan berkompeten. Kesimpulan dari upaya kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 16 Way Ratai Kabupaten Pesawaran adalah Upayanya:1. Mengembangkan potensi guru, 2. Meningkatkan kinerja guru dengan supervisi kelas secara rutin, 3. Menentukan kebijakan yang baik untuk warga sekolah. Dan perannya: 1. Memberi solusi setiap masalah yang dihadapi guru, 2. Motivasi semangat kerja guru, 3. Sebagai Pemimpin, 4. Mengapresiasi prestasi guru, 5. Melakukan pembinaan disiplin, 6. Mencontohkan sikap teladan. kata kunci: Kepala Sekolah, Upaya, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:24
Last Modified: 06 Apr 2021 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13654

Actions (login required)

View Item View Item