PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

LOLA, FITRIYANA (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LOLA FITRIYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG OLEH LOLA FITRIYANA Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam, dikarenakan pendidik yang masih menggunakan metode-metode dan belum menggunakan model pembelajaran yang membuat peserta didik jenuh, seperti masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Sehingga membuat peserta didik jenuh dan membuat hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam, oleh karena itu perlu model pembelajaran yang bervariasi dan menarik perhatian peserta didik dan diharapkan peserta didik mampu memahami apa yang disampaikan oleh pendidik sehingga akan mendorong keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi dan meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah mata pelajaran yang sangat penting dalam bidang ilmu pengetahuan Islam. Dalam penellitian ini akan di coba dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan model yang bervariasi yang sesuai dengan gaya berfikir, Multiple Intelegensi dan kreatifitasnya. untuk menggali potensi-potensi, bakat, kecerdikan dan kekreatifan seseorang siswa. Dunia pendidikan membutuhkan berbagai model-model pembelajaran, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang dilakukan guru pada peserta didik. Saat ini kita melihat banyak peserta didik yang belajar hanya sekedar memahami materi secara kontekstual. Peserta didik hanya mementingkan nilai kognitif yang baik tanpa memberikan dampak terhadap sikap belajar peserta didik. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini maka dirumuskan masalah yaitu: Apakan terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2019/2020. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung memperoleh nilai 5,88 dan ttabel adalah 2,00 sehingga hasilnya thitung> ttabel yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:10
Last Modified: 06 Apr 2021 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13651

Actions (login required)

View Item View Item