EKSPERIMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE MEWARNAI DAN MENGGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI

SAFAREHA, NURYANI (2021) EKSPERIMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE MEWARNAI DAN MENGGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL - SAFAREHA NURYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of SKIRPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pada anak usia dini Keterampilan motorik halus merupakan komponen penting dalam perkembangan karena dengan tercapainya keterampilan motorik halus dengan baik maka akan mempengaruhi juga proses perkembangan yang lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksperimentasikan layanan bimbingan belajar menggunakan metode mewarnai dan menggambar dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Single subject research (SSR) dengan Desain penelitian A-BA yaitu dengan melakukan 3 fase penelitian dengan sesi yang berbeda fase A-1 (baseline) yaitu fase pengamatan sebelum diberikan layanan, lalu fase B (intervensi) pemberian layanan dan fase A2 ( Baseline 2) pengamatan kembali setelah diberikan layanan guna melihat adanya stabilitas dari keterampilan motorik halus. hubungan sebab akibat antara satu variable independen dengan variable dependen dengan menggunakan hipotesis dilakukan menggunakan analisis grafik untuk menguji variable (X) terhadap variable (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan motorik halus anak usia dini. Dilihat dari analisis data dan hasil pesrsentase stabilitas yang di peroleh berdasarkan hasil fase baseline A1 sebelum mendapatkan layanan Bimbingan belajar menggunakan Metode mewarnai dan menggambar yakni pada fase baseline (A1) dengan presentase stabilitas sebesar 50% diperoleh hasil tidak stabil atau variable. Artinya motorik halus masih pada tahap Belum Berkembang (BB), dan Keterampilan Motorik halus Setelah diberikan intervensi yaitu fase Baseline A2 dan benar benar mengalami peningkatan yaitu rerata skor 70-79 dengan hasil perhitungan persentase stabilitas sebesar 77,5% , artinya sampai pada tahap Berkembang Sesuai Harapan (BSH)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2021 04:35
Last Modified: 06 Apr 2021 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13650

Actions (login required)

View Item View Item