ANALISIS DAMPAK PENETAPAN HARGA KAKAO OLEH TENGKULAK TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran )

NUR, HASANAH APRILIYA (2021) ANALISIS DAMPAK PENETAPAN HARGA KAKAO OLEH TENGKULAK TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_NurHasanahApriliya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan pengekspor biji kakao terbesar ketiga dunia, hal ini mengindikasikan peran penting kakao baik sumber lapangan kerja maupun pendapatan bagi petani dan penghasil devisa bagi Negara. Provinsi Lampung menempati urutan ke-6 di Indonesia penghasil kakao. Desa Padang Cermin sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani kakao, bahkan kakao di Padang Cermin menempati urutan kedua setelah kelapa. Para petani di Desa Padang Cermin menjual hasil pertanian kakaonya kepada tengkulak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penetapan harga kakao oleh tengkulak terhadap kesejahteraan petani di Desa Padang Cermin. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana penetapan harga kakao oleh tengkulak terhadap kesejahteraan petani di Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran dan Bagaimana penetapan harga kakao oleh tengkulak dalam etika bisnis Islam di Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Adapun penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, cara yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 orang petani kakao dan 5 tengkulak yang ada Di Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian terdapat kesimpulan bahwa, Umumnya petani di Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran menjual hasil pertanian kakao mereka kepada tengkulak yang berada didesa tersebut. Penetapan harga kakao yang dilakukan tengkulak di Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran menggunakan tiga macam metode penetapan harga yaitu : penetapan harga berdasarkan biaya, laba, dan persaingan. Berdasarkan pemaparan diatas, dari penetapan harga kakao yang dilakukan oleh tengkulak, para petani tidak mendapatkan dampak kesejahteraan dan peningkatan ekonomi keluarga dan penetapan harga kakao oleh tengkulak dalam etika bisnis Islam di Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran tidak memberikan keadilan dari segi harga terhadap petani. Praktek transaksi jual beli yang dilakukan tengkulak tidak memenuhi etika bisnis yaitu, penipuan dimana para tengkulak berkolusi untuk menentukan harga dengan (beberapa orang atau kelompok) untuk menentukan harga, serta ketidaktahuan para petani kakao juga bisa mengakibatkan harga yang tidak adil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2021 03:21
Last Modified: 06 Apr 2021 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13645

Actions (login required)

View Item View Item