KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF EMHA AINUN NADJIB

VIA, NINDIA LUSIWI (2021) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF EMHA AINUN NADJIB. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP VIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK OLEH: VIA NINDIA LUSIWI Pendidikan Islam merupakan sebuah wahana untuk dapat membekali umat Islam agar mampu dapat mewujudkan hakikat penciptanya, sebagai abid dan khalifah dimuka bumi ini. Disisi lain, sebuah keragaman manusia merupakan suatu keniscayaan hidup yang selalu ada dan perlu dijaga. Keragaman dalam konteks ini dapat diistilahkan sebagai multikultural, hal tersebut sering kali muncul problem dan konflik sosial antar umat manusia. Maka disinilah fungsi Pendidikan Islam untuk dapat menjadi peran dalam rangka membekali peserta didik dengan mengedapnkan sikap dan kesadaran multikultural. Manusia dalam pandangan pendidikan multikultural dipandang sebagai makhluk makro dan sekaligus makhluk mikro yang tidak terlepas dari budaya bangsa maupun kelompok etnisnya, karena manusia adalah makhul sosial. Maka manusia tidak bisa hidup sendiri. Di Indonesia terdapat jutaan manusia dengan kelompok etnis, adat, budaya, agama yang sangat beragam. dengan saling memahami keanekaragaman budaya tersebut perlu adanya wawasan multikultural seperti menurut Emha Ainun Nadjib pendidikan multikultural merupakan suatu sistem pendidikan yang menekankan pada akibat dari cara melihat keadaan pendidikan saat ini. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Multikultural, Emha ainun Nadjib

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2021 05:31
Last Modified: 05 Apr 2021 05:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item View Item