Persepsi Jihad Menurut Guru Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Sinar Gading Teluk Betung Selatan Bandar Lampung dalam Profesi Guru

DEA, KARINA PESONA (2021) Persepsi Jihad Menurut Guru Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Sinar Gading Teluk Betung Selatan Bandar Lampung dalam Profesi Guru. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEA KARINA PESONA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya anggapan keliru mengenai makna jihad di sebagian kalangan umat Islam serta pandangan yang sinis terhadap kata jihad yang identik dengan teror, pembunuhan, pengeboman, serta berbagai macam tindak kekerasan lainnya membuat agama islam menjadi agama yang ditakuti. Wajah umat Islam yang cinta damai harus tertutupi oleh perilaku segelintir penganutnya yang menyimpang, bahkan bertentangan dengan pesan moral Islam.Karena cakupan arti jihad yangluas, maka jihad juga kerap diartikan sebagai perjuangan untuk memerangi ketertinggalan dan kebodohan. Guru yang mengajar dengan benar- benar guna membawa murid berhasil mengatasi ketertinggalan dan kebodohan, termasuk di dalam makna jihad. Penelitian ini dirumuskan membahas hal-hal yang berkaitan dengan Bagaimana sebenarnya makna jihad menurut pandangan guru, Bagaimana guru menerapkan konsep jihad dalam profesi guru dan Bagaimana implementasi konsep jihad pada zaman sekarang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi teknik dan sebagai tempat penelitian yaitu Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Gading Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Konsep Jihad menurut guru Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Gading Teluk Betung Selatan Bandar Lampung mengartikan sebagai perjuangan, dan perjuangan tersebut bisa dilakukan dengan tangan atau lisan untuk mempertahankan agama Allah. Termasuk di dalamnya sebagai perjuangan untuk memerangi ketertinggalan dan kebodohan, Guru PAI merupakan posisi yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan peserta didik, baik secara individual ataupun klasikal, karenanya lingkup tugas guru PAI sangat luas yang bertumpu pada tugas dan tanggung jawab. Dengan demikian, tugas dan tanggung jawab guru Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Gading Teluk Betung Selatan Bandar Lampungtidak hanya dibatasi oleh dinding sekolah, namun juga di luar sekolah ia juga sebagai sebagai pembimbing moral. Kata kunci: jihad, Profesi Guru, dan Implikasi jihad

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2021 05:12
Last Modified: 05 Apr 2021 05:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item