PERSEPSI GURU FIQIH TERHADAP PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 DI MTS. MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Dimas, Aditia (2021) PERSEPSI GURU FIQIH TERHADAP PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 DI MTS. MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Dimas Aditia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dimas Aditia 1611010387, “Persepsi Guru Fiqih Terhadap Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Di MTs. Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. Kata kunci : Persepsi Guru, Pendekatan Saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung yang berkaitan dengan guru dan segala faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik di sekolah. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan November 2020 di MTs. Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Metodologi penelitian ini yang digunakan dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan bertujuan menggunakan metode deskriptif untuk yang menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini dilakukan dengan cara : 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi. Dalam hal ini, penulis melakukan wawancara dengan beberapa narasumber yakni waka kurikulum dan guru-guru mata pelajaran Fiqih. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan pada penelitian ini, penulis mengamati Proses pelaksanaan kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik dengan cara observasi secara langsung ke sekolah. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi hasil penelitian ini yang telah dianalisis menunjukan bahwa para guru Fiqih di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung sangat mendukung atas diterapkannya kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik dan menganggap kurikulum 2013 lebih baik karena didalamnya mendukung kreativitas siswa untuk belajar lebih baik dan membuat guru tepacu untuk melakukan inovasi menciptakan pembelajaran yang mampu mendukung keberhasilan siswa khususnya dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah. Namun disisi lain guru juga merasakan adanya kesulitan dalam penilaian autentik terhadap siswa karena banyaknya poin-poin penilaian yang harus dilaksanakan serta kurangnya pemahaman tentang penerapan kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2021 05:06
Last Modified: 05 Apr 2021 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

View Item View Item