BAYU, ANGGARA (2021) PERSPEKTIF MAKNA JIHAD DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Adanya beberapa pemahaman yang keliru mengenai makna jihad di kalangan umat Islam serta pandangan yang salah terhadap kata jihad yang identik dengan terorisme, pembunuhan, bom bunuh diri, dan berbagai macam tindak kekerasan lainnya membuat agama Islam menjadi agama yang dianggap sebagai munculnya para teroris . Umat Islam yang cinta akan perdamaian harus tertutupi oleh perilaku segelintir kalangan masyarakat yang menyimpang, bahkan bertentangan dengan pesan moral Islam. Karena cakupan makna jihad yang luas, maka jihad juga dapat diartikan sebagai perjuangan untuk memerangi kemaslahatan dan kebodohan, yaitu salah satunya dibidang pendidikan. Seorang pendidik memiliki peran penting dalam mengatasi kebodohan dikalangan umat Islam dan juga berperan sebagai penyampai ilmu pengetahuan tentang makna jihad yang sesungguhnya. Penelitian ini dirumuskan membahas hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana sebenarnya perspektif makna jihad di dalam Al-Qur’an yang sesungguhnya, serta bagaimana keterkaitan jihad dengan Pendidikan Islam di zaman sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (Qualitative Research) yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Penulis mencoba mengkaji tentang perspektif makna jihad dalam Al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Dilihat dari jenis penelitiannya, penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati dalam suatu konteks tertentu, dikaji dari sudut pandang yang utuh, komprehensif, dan holistik. Jihad dalam Al-Qur’an mengandung arti bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu pekerjaan. Maka seorang ilmuan bisa berjihad dengan memanfaatkan ilmunya, karyawan berjihad dengan bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab, guru berjihad dengan mengajar serta mendidik peserta didik sebaik-baiknya, dan pemimpin dapat berjihad dengan keadilannya dan kejujurannya. Kebijakan-kebijakan tentang jihad bukanlah diartikan dalam arti sempit seperti berperang melawan musuh Islam dengan kekerasan dan pembunuhan, akan tetapi kaitannya dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan yaitu memerangi mereka dengan menggunakan pemikiran. Kata kunci: Jihad, Pendidikan Islam , dan Relevansi Jihad
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 04:51 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 04:51 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13632 |
Actions (login required)
View Item |