PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE ENVRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY) BERBASIS EDMODO TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 3 GUNUNG AGUNG

ERIYADI, ERIYADI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE ENVRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY) BERBASIS EDMODO TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 3 GUNUNG AGUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Full Skripsi Eriyadi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of Skripsi Eriyadi Bab 1,2, Dapus.pdf] PDF
Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE ENVRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY) BERBASIS EDMODO TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 3 GUNUNG AGUNG” Oleh Eriyadi Model pembelajara yang berpusat pada pendidik mengakibatkan peserta didik kurang berperan aktif dalam pembelajaran, sehingga peserta didik sulit untuk memahami dan menghadapi berbagai Isu-isu yang terjadi dilingkungan sekitar, ditambah lagi era pandemi yang menuntut penerapan physical distancing akibatnya keterampilan berfikir kritis peserta didik kurang berkembang. Untuk menyikapi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran dalam menghadapi Isu-isu yang terjadi dilingkungan sekitar dengan penerapan physical distancing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS (Science Envronment Technology And Society) Berbasis Edmodo Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi Di Smp Negeri 3 Gunung Agung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasy Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 92 peserta didik. Tehnik pengambilan sampel dengan cara acak kelas atau Cluster random sampling dan terpilih dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII A sebagai eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan berfikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis pada penelitian ini menunjukan nilai sig sebesar 0,000 < (α ) 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh model pembelajaran SETS (Science Envronment Technology And Society) Berbasis Edmodo Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi Di Smp Negeri 3 Gunung Agung. Kata kunci: SETS (Science Envronment Technology And Society) Berbasis Edmodo, berfikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Apr 2021 02:50
Last Modified: 01 Apr 2021 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item View Item