IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAMPEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT FITRAH INSANI KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG

ROHMIYANI, Manhuri (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAMPEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT FITRAH INSANI KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 untuk semua jenjang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran dapat diartikan sebagai cara pembelajaran yang didasarkan proses ilmiah dengan melaksanakan langkah- langkah yang logis dan empiris. SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan sudah mengacu pada kurikulum 2013 yaitu menggunakan pendekatan saintfik salah satunya yaitu dalam pembelajaran matematika. Namun dalam pelaksanaannya penulis melihat terdapat aktifitas kegiatan yang belum terlaksana dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika kelas IV di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. Penelitian ini Bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika kelas IV SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. Manfaat dalam penelitian ini adalah memberikan pengetahuan dan wawasan tentang penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran matematika. Penilitian ini merupakan penelitian kulitatif deskriptif. Dengaan subyek penelitian yaitu guru matematika dan peserta didik kelas IV di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. Objek penelitian ini adalah implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika. teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat perencanaan pembelajaran dengan mengkaji silabus, buku guru, serta menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Namun masih terdapat tahapan- tahapan kegiatan pendekatan saintifik yang belum berjalan dengan baik. Hambatan yang ditemui guru pada pelaksanaan pendekatan saintifik yaitu ketika peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran dan alokasi waktu yang ditentukan terkadang tidak cukup untuk melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2021 06:43
Last Modified: 31 Mar 2021 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13611

Actions (login required)

View Item View Item