PENGARUH MODEL ELECITING ACTIVITIES (MEAS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SDN 3 NEGARA BATIN LAMPUNG UTARA

EVA, AGUSTINA (2021) PENGARUH MODEL ELECITING ACTIVITIES (MEAS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SDN 3 NEGARA BATIN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematika sangat diperlukan dalam memahami materi pembelajaran. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas III SDN 3 Negara Batin disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional, sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas III SDN 3 Negara Batin.Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment Design dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas III SDN 3 Negara Batin tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan acak kelas berjumlah 2 kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji T.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji t diperoleh hasil Thitung = 2,895 dengan Ttabel = 2,000. Hal ini berarti Thitung > Ttabel bahwa t1 ditolak. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara siswa yang mendapat Model Eliciting Activities (MEAs) dan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci: MEAs, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2021 06:37
Last Modified: 31 Mar 2021 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item View Item