TELEVISI SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI PADA TAYANGAN SINETRON KISAH NYATA INDOSIAR)

MAILISTIA, SANTIKA (2021) TELEVISI SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI PADA TAYANGAN SINETRON KISAH NYATA INDOSIAR). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MAILISTIA SANTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tayangan Sinetron Kisah Nyata Indosiar ditujukan sebagai salah satu media dakwah modern saat ini melalui televisi. Salah satu sinetron kisah nyata yang terkait dengan dakwah melalui media adalah Sungkem Terakhir Anak Durhaka. Dari uraian tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran televisi sebagai media dakwah dan Bagaimana pesan dakwah tayangan Sinetron Kisah Nyata Indosiar?. Penelitian ini meneliti peran televisi sebagai media dakwah dan mengkaji pesan dakwah tayangan Sinetron Kisah Nyata Indosiar. Untuk menggali pesan dakwah tersebut dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Temuan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa peran televisi sebagai media dakwah cukup efektif dimana televisi memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga ekspansi dakwah dapat menjangkau tempat yang lebih jauh bahkan pesan-pesan dakwah bisa disampaikan pada mad’u yang berada di tempat-tempat yang tidak sulit dijangkau dan menampung berbagai varian metode dakwah sehingga membuka peluang bagi para da‟i memacu kreatifitas dalam mengembangkan metode dakwah yang paling efektif. Pesan dakwah tayangan Sinetron Kisah Nyata Indosiar antara lain; pesan moral pribadi: tidak berbohong, berkata jujur, tidak bersikap sombong; pesan moral keluarga: berbakti kepada orang tua; pesan moral masyarakat: saling tolong menolong, memaafkan, menghargai orang lain; pesan moral agama: mengajarkan bersikap sabar, ikhtiar, pasrah, dan syukur kepada Allah SWT. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka dapat diberikan saran sebagai berikut: Berdakwah melalui sinetron adalah salah satu peluang bagi umat Islam namun perlu diperhatikan keterlibatan aktif dari berbagai pihak khususnya produsen dan penonton. Disarankan kepada KPI dan MUI untuk selalu mendukung dan mensupport selalu perfilman Indonesia terutamanya untuk tanyangan Kisah Nyata, selagi itu membahas hal-hal yang positif bagi masyarakat indonesia. Kata Kunci: Televisi, Media Dakwah, Kisah Nyata, Indosiar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2021 07:03
Last Modified: 30 Mar 2021 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13596

Actions (login required)

View Item View Item