HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA AS-SA’DIYAH HAJIMENA KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN

SUCI, KURNIA PUTRI (2021) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA AS-SA’DIYAH HAJIMENA KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of full skripsi suci.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, bahkan dikatakan sebagai lompatan perkembangan. Anak usia dini memiliki rentan usia yang sangat berharga dibanding usia-usia selanjutnya karena perkembangan kecerdasanya luar biasa. Usia tersebut merupakan fase kehidupan yang unik dan berada pada masa proses perubahan berupa pertumbuhan, perkembangan, pematangan dan penyempurnaan, baik pada aspek jasmani maupun rohaninya yang berlangsung seumur hidup, bertahap, dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan perkembangan kognitif anak di RA As-Sa’diyah Hajimena Natar Lampung Selatan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 peserta didik di RA As-Sa’diyah Hajimena Natar Lampung Selatan yang berusia 4-5 tahun. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis korelasi product momen Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah program SPSS Versi 17. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa berdasarkan analisis data hasil pengukuran terhadap status gizi pada anak usia dini di RA As-Sa'diyah Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan didominasi oleh kondisi status gizi baik yaitu sebanyak 13 anak atau 86,67%. Berdasarkan hasil analisis statistik korelasi terjadi hubungan yang masuk kategori kuat antara status gizi dan perkembangan kognitif anak usia dini di RA As-Sa'd iyah Hajimena Kecamatan Natar iiKabupaten Lampung Selatan. Sedangkan berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0554 atau 55,4 % maka dapat dikatakan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (status gizi) terhadap variabel dependen (perkembangan kognitif) sebesar 55,4 % sedangkan sisanya sebesar 44,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Kata kunci: Status Gizi, Perkembangan Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2021 05:56
Last Modified: 30 Mar 2021 05:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13582

Actions (login required)

View Item View Item