HUBUNGAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 5 BANDAR LAMPUNG

MIFTA, AYU PERTIWI (2021) HUBUNGAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri (self effiicacy) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MIN 5 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Penelitian ini dilakukan dikelas V MIN 5 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 62 peserta didik dari 166 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hopotesis adalah teknik korelasi product momen dengan menggunakan dua variabel yaitu efikasi diri (self efiicacy) (X) dan motivasi belajar (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri (self efficacy) dengan motivasi belajar peserta didik kelas V MIN 5 Bandar Lampung. hal ini ditunjukkan dengan nilai Pearson Correlation pada SPSS sebesar 0,746. Nilai ini lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,250 yang menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penting rasa efikasi diri (self efficacy) peserta didik dalam pembelajaran untuk membantu peserta didik menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Kata Kunci: Efikasi Diri (Self Efficacy), Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2021 05:09
Last Modified: 30 Mar 2021 05:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13574

Actions (login required)

View Item View Item