IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 3 MERAK BATIN NATAR

Ratna, Permata Dewi (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 3 MERAK BATIN NATAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Ratna Permata Dewi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran dalam jaringan menggunakan metode jarak jauh. Hal ini diterapkan di SDN 3 Merak Batin Natar dan merupakan metode baru yang sudah diterapkan sesuai anjuran pemerintah. Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki empat aspek keterampilan yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Empat aspek keterampilan, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini berawal dari keterampilan menulis. Keterampilan menulis sangat diperlukan maka peneliti melakukan penelitian ini untuk melihat proses pembelajaran daring dalam keterampilan menulis cerita. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring dalam keterampilan menulis cerita pada peserta didik kelas III SDN 3 Merak Batin Natar. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Jika dilihat dari tujuan dilakukannya penelitian deskritif adalah untuk menggambarkan fakta dari objek dan subjek yang diteliti secara sistematis serta tepat pada yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah Pendidik Kelas III A. Objek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas III A dan Pendidik/Wali Kelas III A di SDN 3 Merak Batin Natar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bawasannya sudah sesuai dengan rumusan masalah yang ada yaitu implementasi pembelajaran daring dalam keterampilan menulis cerita pada peserta didik kelas III SDN 3 Merak Batin Natar. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran daring dalam keterampilan menulis cerita pada proses penerapanya meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian/evaluasi sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Keterampilan Menulis Cerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:27
Last Modified: 29 Mar 2021 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13562

Actions (login required)

View Item View Item