PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MAN 1 PESISIR BARAT

Edi, Suhendra (2021) PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MAN 1 PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (842kB)
[thumbnail of skripsi edi suhendra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pesisir Barat. Latar belakang penelitian ini beranjak dari hasil fenomena yang ada hampir setiap sekolah melaksanakan kegiatan bimbingan belajar yaang memang secara terstruktur program bimbingan dan konseling sudah terbilang bagus karena didukung dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang banyak membahas mengenai Bimbingan belajar. Berdasarkan observasi awal di MAN 1 Pesisir Barat kegiatan Bimbingan belajar sudah dilakukan oleh guru semaksimal mungkin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang menuntut guru BK untuk melaksanakan bimbingan belajar, yaitu program bimbingan belajar, Pelaksanaan Bimbingan belajar dan Evaluasi Bimbingan Belajar yang ada di MAN 1 Pesisir Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif (kualitatif). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data atau kredibilitas data menggunakan triangulasi. Subyek pada penelitian ini adalah 2 orang guru BK yang melaksanakan Bimbingan belajar, 5 orang siswa, serta kepala Sekolah. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data menunjukkan bahwa dari beberapa permasalahan siswa tidak semuanya sudah di berikan Bimbingan belajar, permasalahan yang dilakukan bimbingan belajar adalah permasalahan siswa yang sangat erat hubungan dan sangkut pautnnya dengan masalah belajar seperti tidak serius mengikuti pelajaran,siswa sering tidak mengerjakan PR, serta kesulitan dalam belajar. Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Belajar yang dilaksanakan oleh guru BK di MAN 1 Pesisir Barat sudah sesuai dengan konsep bimbingan konseling mengenai pelaksanaan Bimbingan belajar Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisi hasil evaluasi, tindak lanjut sampai dengan laporan. Pelaksanaan Bimbingan belajar sesuai dengan prosedur maka guru BK akan dapat melengkapi data dan menggali berbagai informasi menyangkut siswa. Hal ini akan memberikan kemudahan guru BK dalam menangani masalah siswa di sekolah. Secara otomatis Pelaksanaan Bimbingan belajar ini sudah efektif. Kata kunci : Bimbingan Konseling, Bimbingan Belajar, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:20
Last Modified: 29 Mar 2021 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13561

Actions (login required)

View Item View Item