IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT AR-RAHMAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

YENI, AYU LESTARI (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT AR-RAHMAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV SD IT ARRahman. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV SD IT ARRahman, sehingga pembelajaran daring tersebut dapat dipakai dalam waktu yang berkepanjangan seperti pada saat pandemi COVID-19. Dikarenakan hal tersebut, SD IT AR-Rahman memilih pembelajaran jarak jauh melalui whatsapp group dan youtube guna memutus mata rantai penyebaran virus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Khadijah SD IT AR-Rahman Jati Agung Lampung Selatan yang berjumlah 30 (tiga puluh) orang. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara kepada 1 (satu) orang pendidik dan 5 (lima) orang peserta didik, pengisian tes soal pilihan ganda yang berjumlah 25 (dua puluh lima) pertanyaan dengan materi pembulatan bilangan, serta dokumentasi yang dilengkapi seperti proses pembelajaran daring, silabus, RPP. Hasil penelitian berdasarkan Tes soal yang sudah peneliti lakukan kepada peserta didik melalui google from dapat dilihat sebagai berikut: (1) Menafsirkan dengan persentase skor berjumlah 86,66 % dengan penafsiran “Tinggi”, (2) Mencontohkan dengan persentase skor berjumlah 72,22 % dengan penafsiran “Sedang”, (3) Mengklasifikasikan dengan persentase skor berjumlah 98,88 % dengan penafsiran “Tinggi”, (4) Merangkum dengan persentase skor berjumlah 95,00 % dengan penafsiran “Tinggi”, (5) Menyimpulkan dengan persentase skor berjumlah 67,77 % dengan penafsiran “Sedang”, (6) Membandingkan dengan persentase skor berjumlah 75,83% dengan penafsiran “Tinggi”, (7) Menjelaskan dengan persentase skor berjumlah 88,88 % dengan penafsiran “Tinggi”, dengan kesimpulan rata-rata per-indikator adalah 83,60 % dengan penafsiran “Tinggi”. Hal tersebut menyatakan bahwasannya dalam implementasi pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV SD IT AR- Rahman Jati Agung Lampung Selatan sudah berhasil dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pemahaman Konsep Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:29
Last Modified: 29 Mar 2021 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13553

Actions (login required)

View Item View Item