PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA SISWA KELAS XII DI SMK AL-HUDA JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

UMI, NURHASANAH (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA SISWA KELAS XII DI SMK AL-HUDA JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi UMI NURHASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk mengembangkan segala potensi yang sudah ada dalam diri manusia. Hal ini tidak terlepas dari peran seorang guru. Guru memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat besar dalam memberikan pendidikan kepada peserta didiknya. Namun, kurangnya partisipasi dan keaktifan peserta didik menyebabkan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru yang berpengaruh pada hasil belajar yang diraih peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mengambil judul penelitian “Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Penerapan Metode Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas XII Di SMK AL- HUDA Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII Di SMK AL-HUDA Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau action research, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Data dikumpulkan selama tindakan kelas berlangsung. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 23 siswa atau 74 %, nilai tidak tuntas pada siklus I adalah 8 siswa atau 26 %, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 27 siswa atau 87,09 % sedangkan yang belum tuntas 4 siswa atau 12,91%. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kelas XII Di SMK AL-HUDA Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:06
Last Modified: 29 Mar 2021 06:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13551

Actions (login required)

View Item View Item