PENGGUNAAN JASA REKENING BERSAMA ONLINE DALAM JUAL BELI ACCOUNT GAME PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS FORUM JUAL BELI ACCOUNT GAME DALAM MEDIA SOCIAL FACEBOOK)

Muhammad, Hidayatullah (2021) PENGGUNAAN JASA REKENING BERSAMA ONLINE DALAM JUAL BELI ACCOUNT GAME PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS FORUM JUAL BELI ACCOUNT GAME DALAM MEDIA SOCIAL FACEBOOK). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD HIDAYATULLAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (610kB)

Abstract

ABSTRAK Rekening bersama merupakan salah satu metode transaksi jual beli, khususnya pada transaksi jual beli online yang terjadi pada forum jual beli account game dalam media social facebook. Seiring ramainya forum jual beli facebook, juga mulai marak terjadinya penipuan yang dapat merugikan baik pembeli atau penjual. Kasus penipuan yang terjadi dalam jual beli account game, dimana yang di perjual belikan hanya bentuk digital data dari personal. Kemungkinan terjadinya penipuan semakin besar mengingat transaksi account game ini tidak ada bentuk fisik barang yang di jual. Karena penjual hanya menunjukan berupa foto-foto dari account dan bisa saja penjual mencuri data-data tersebut dan account tersebut bukan milik sipenjual. Permasalahannya adalah bagaimana penggunaan jasa rekening bersama online jual beli account game di forum jual beli account game dalam media social facebook ? bagaimana penggunaan jasa rekening bersama online jual beli account game di forum facebook perspektif hukum Islam ? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan jasa rekening bersama online jual beli account game di forum jual beli account game dalam media social facebook dan untuk mengetahui penggunaan jasa rekening bersama online jual beli account game di forum facebook perspektif hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dimana peneliti langsung masuk dalam forum jual beli account game dalam media social facebook, dan penelitian ini bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran detail terhadap gejala yang terjadi dalam forum jual beli account game dalam media social facebook. Pengumpulan data deilakukan dengan cara wawancara, dan data premier diperoleh langsung dari responden. Sedangkan data sekunder diperoleh dari teori-teori kepustakaan dan data-data. Hasil penelitian bahwa penggunaan jasa rekening bersama cukup mudah dilakukan, yaitu penjual dan pembeli sepakat menggunakan jasa rekening bersama, selanjutnya memilih jasa rekening bersama yang disebut sebagai admin dalam grup dimana penjual dan pembeli bertransaksi. Data penjual dikirim ke admin, lalu admin memberi tahu pembeli bahwa data sesuai dengan deskripsi dan uang bisa ditransfer ke penjual, stelah pembeli mentransfer uang kepenjual, lalu pihak admin memberikan accountnya kepada pembeli. Setelah selesai transaksi pihak admin mendapatkan uang jasa (fee) sesuai dengan transaksi yang terjadi. Penggunaan jasa rekening bersama sudah sesuai dengan hukum islam, dengan adanya system sewa-menyewa, upah-mengupah, maka hal tersebut sudah sesuai dengan teori ijarah dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Mar 2021 04:09
Last Modified: 26 Mar 2021 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13538

Actions (login required)

View Item View Item