IMPLEMENTASI PERMENHUB NOMOR PM 82 TAHUN 2018 TENTANG ALAT PENGENDALI DAN PENGAMANAN PENGGUNA JALAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung)

Royan, Anzana (2021) IMPLEMENTASI PERMENHUB NOMOR PM 82 TAHUN 2018 TENTANG ALAT PENGENDALI DAN PENGAMANAN PENGGUNA JALAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ROYAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of perpus pusat.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Islam merupakan agama yang komprehensif dan telah mengatur seluruh sendi kehidupan manusia, tidak hanya dalam masalah individual namun termasuk juga dalam masalah kenegaraan. Berkaitan dengan system pemerintahan, dalam Islam tercermin sebagaimana pada konsep Imammah dimana hal ini secara eksplisit telah diatur dalam siyasah Dusturiyah. Terkait Implementasi Permenhub Nomor PM 82 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan. Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung sebagai instansi yang memiliki wewenang penuh dalam sarana dan prasarana perhubungan merupakan lembaga yang sangat berperan dalam mengoptimalkan semua aset perhubungan yang ada di Kota Bandar Lampung. UPTD (unit pelaksanaan teknik dinas) jalan merupakan unsur penunjang sebagai tugas Dinas Perhubungan yang bertugas melaksanakan tugas teknis operasional Dinas dibidang pengawasan pengendali pengguna jalan. Berdasarkan penjabaran di atas rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Pertama, bagaimana implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 82 Tahun 2018 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung. Kedua, bagaimana implementasi peraturan tersebut jika dikaji melalui Fiqh Siyasah Dusturiyah?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 82 Tahun 2018 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui praktek penerapan tersebut jika dikaji melalui perspektif Fiqh Siyasah Dusturiyah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan field research sedangkan sifat penelelitian yang digunakan adalah pendekatan secara kualitatif.analisis data bersifat indukatif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian ini terkait Implementasi Permenhub Nomor PM 82 tahun 2018 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan yang tidak semestinya dalam pengawasan sudah dilaksanakan oleh pengendalian dan pengawasan Dinas Perhubungan, tetapi pada pelaksanaanya kurang maksimal. ditinjau dari Fiqh Siyasah Dusturiyah yaitu seorang pemimpin harus amanah dan bertanggung jawab dalam mengemban tugasnya yang terdapat didalam QS. An�Nisa: ayat 58. Ayat ini memerintahkan agar menyampaikan amanat kepada yang berhak, Jangan sekali-sekali diabaikan akan tetapi hendaklah diindahkan, diperhatikan, dan diterapkan dalam kehidupan untuk dapat mencapai kebahagian dunia-akhirat dan diharapkan dapat menumbuhkan kesadaraan seorang pemimpin dalam konsep Al-Ukhuwwah sebagai salah satu nilai dasar Syari’ah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:50
Last Modified: 26 Mar 2021 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13537

Actions (login required)

View Item View Item