PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL MENGGUNAKAN MEDIA ANDROID MOBILE LEARNING TERINTEGRASI AL-QUR’AN TERHADAP MISKONSEPSI DAN SELF REGULATION BIOLOGI KELAS XI

ANINDEA, NURURROHMAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL MENGGUNAKAN MEDIA ANDROID MOBILE LEARNING TERINTEGRASI AL-QUR’AN TERHADAP MISKONSEPSI DAN SELF REGULATION BIOLOGI KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of full skripsi anindhe nururohma.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 1-2-DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reduksi miskonsepsi dan self regulation peserta didik melalui pembelajaran dengan model perubahan kontekstual berbantuan media android mobile learning terintegrasi Al Quran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode weak eksperimen dan desain One Group PretestPostest. Sampel penelitian ini 95 peserta didik kelas XI MIA di MAN 1 Bandar Lampung. Tes Certainty of Response Index (CRI) yang lulus ujivaliditas, reliabilitas, dayabeda, tingkatsukar, tingkat pengecoh digunakan untuk mengumpulkan data reduksimiskonsepsi. Data dianalisis menggunakan uji one sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pretest miskonsepsi pada tingkat paham konsep 47% (sedang), Miskonsepsi 48% (sedang), dan Tidak Paham Konsep 5% (Rendah). Setelah pembelajaran biologi di ketiga kelas penelitian diajarkan dengan model perubahan konseptual berbantuan media android mobile learning terintegrasi Al Quran mengalami penurunan persentase miskonsepsi 42% (sedang), tidak paham konsep 4% (Rendah), dan peningkatan persentase paham konsep 55% (sedang). Miskonsepsi rata rata pada nilai pretest untuk setiap indikator materi sistem reproduksi sebanyak 61% (sedang), sedangkan rata rata reduksi miskonsepsi setelah perlakukan sebesar 21% (rendah). Kemudian pada Slef Regulation didapatkan hasil Self Regulation diawal pembelajaran memperoleh hasil 67% dengan kriteria tinggi, sedangkan pada akhir pembelajaran setelah menggunakan media android mobile learning memperoleh hasil 69% dengan kriteria tinggi. BerdasarkanujiOne Sample T Test diperolehn hasil bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05, maka H1diterima. Disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model perubahan konseptual berbantuan media android mobile learning terintegrasi Al Quran untuk mereduksi miskonsepsi dan Self Regulation peserta didik kelas XI dibawah kriteria 0.71 (interval sedang). Kata Kunci : Al Quran, Android Mobile Learning , self regulation, Biologi, Miskonsepsi , Model Perubahan Konseptual ,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:43
Last Modified: 26 Mar 2021 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13535

Actions (login required)

View Item View Item