ANALISIS PERAN DAN KONTRIBUSI REPONG DAMAR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di Desa Pahmungan Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat)

Reva, Maryati (2021) ANALISIS PERAN DAN KONTRIBUSI REPONG DAMAR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di Desa Pahmungan Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of REVA MARYATI BAB 1,2,DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of REVA MARYATI BAB 1,2,DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendapatan rumah tangga adalah pendapatan yang diperoleh dari seluruh anggota dalam rumah tangga keluarga, baik yang berasal dari kepala keluarga atau anggota keluarga lainnya. Masyarakat desa pahmungan sebagian besar memperoleh pendapatan rumah tangganya dengan cara menjadi petani damar. Kenyataannya saat ini getah damar semakin menurun harganya tanpa diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya sehingga para petani terpaksa mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan rumah tangganya. Beberapa petani juga ada yang menebang damarnya untuk dijual kayunya sebab harganya relatif jauh lebih mahal dibanding getahnya yang cenderung terus menurun. Hal ini jelas mengancan kelestarian repong damar yang ada, sebab seperti yang kita ketahui pohon damar butuh waktu puluhan tahun sebelum siap menghasilkan getah pertamanya. Sebagai petani damar ditempat yang merupakan produsen damar mata kucing terbaik dunia, namun mengapa para petani masih banyak yang belum sejahtera. Permasalahan yang diangkat dalam judul ini Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini 1) bagaimana peran repong damar terhadap pendapatan rumah tangga masyarakat desa pahmungan. 2) bagaimana kontribusi repong damar terhadap pendapatan rumah tangga masyarakat desa pahmungan. 3) bagaimana pendapatan rumah tangga dalam ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana peran repong damar terhadap pendapatan rumah tangga masyarakat desa pahmungan. 2) bagaimana kontribusi repong damar terhadap pendapatan rumah tangga masyarakat desa pahmungan. 3) bagaimana pendapatan rumah tangga dalam ekonomi islam. Skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian tersebut telah diperoleh suatu kesimpulan. Repong damar merupakan mata pencaharian utama bagi sebagian besar masyarakat desa pahmungan. Artinya banyak sekali masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari repong damar tersebut. Kontribusi repong damar terhadap pendapatan rumah tangga masyarakat cukup besar namun tidak bisa diterima secara kontinue, sehingga tidak bisa dijadikan tumpuan satu-satunya pemenuh kebutuhan rumah tangga petani. Berdasarkan syariat islam tentang pendapatan yang telah memenuhi atau telah mencapai nisab maka diwajibkan membayar zakat yaitu yang biasa disbut zakat maal. Kata kunci: peran, kontribusi, repong damar, pendapatan rumah tangga, perspektif islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:57
Last Modified: 25 Mar 2021 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13526

Actions (login required)

View Item View Item