IKLIM MADRASAH TSANAWIYAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG

ERFINA, Erf (2021) IKLIM MADRASAH TSANAWIYAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PDF DISERTASI ERFINA BAB 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of PDF DISERTASI TERBUKA ERFINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Iklim madrasah yang positif dan kondusif akan berdampak terhadap pencapaian tujuan pendidikan madrasah dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu perlu kiranya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai iklim madrasah tsanawiyah khususnya di Kota Bandar Lampung dengan rumusan masalah pokok bagaimana iklim MTs di Kota Bandar Lampung? sehingga tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis iklim MTs di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di madrasah tsanawiyah yang ada di Kota Bandar Lampung berjumlah 30 MTs. Sumber data dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling, diantaranya adalah kepala MTs dan wakil-wakilnya, guru, orangtua peserta didik dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian hasilnya dianalisis dengan melakukan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Iklim Madrasah Tsanawiyah di Kota Bandar Lampung telah sesuai dengan kriteria aspek keamanan fisik dan sosial emosional (2) Iklim Madrasah tsanawiyah di Kota Bandar Lampung telah sesuai dengan kriteria aspek kegiatan belajar mengajar (3) Iklim Madrasah tsanawiyah di Kota madrasah telah sesuai dengan kriteria aspek sikap antar warga sekolah, dan (4) Iklim Madrasah tsanawiyah di Kota Bandar Lampung kurang memenuhi kriteria pada aspek lingkungan kelembagaan. Dari 4 (empat) unsur yang menjadi indikator madrasah yang memiliki iklim yang positif dan kondusif, pada aspek lingkungan kelembagaan madrasah tsanawiyah di Kota Bandar Lampung masih perlu ditingkatkan lagi, terutama dalam kebersihan, fasilitas, penataan ruang dan halaman madrasah, dan luas halaman madrasah. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, maka kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah iklim madrasah tsanawiyah di Kota Bandar Lampung positif dan kondusif. Untuk semakin meningkatkan iklim madrasah tsanawiyah di Kota Bandar Lampung, ada beberapa hal yang harus perhatikan dan ditingkatkan oleh madrasah yaitu (1) peningkatan sarana dan prasarana madrasah yang memenuhi standar keamanan, keselamatan, dan kesehatan (2) pendidikan integratif, (3) kolaborasi lingkungan belajar, (4) peningkatan efektifitas pembelajaran, (5) peningkatan kedisiplinan, (6) peningkatan kepemimpinan kepala madrasah dan (7) peningkatan profesionalitas dan motivasi kerja guru. Kata Kunci: iklim, madrasah tsanawiyah iiiABSTRACT A positive and supportive madrasah climate will have an impact on the effective and efficient achievement of the objectives of madrasa education. Therefore, it is necessary to continue research on the climate of the madrasah tsanawiyah in particular in the city of Bandar Lampung with the formulation of the main problem of how the climate of MTs in the city of Bandar Lampung? the main objective of this study is therefore to analyze the climate of MTs in the city of Bandar Lampung. This research is a type of descriptive research using a qualitative approach. This research was carried out in the madrasah of Tsanawiyah in Bandar Lampung, for a total of 30 MTs. The data source was purposely chosen and a snowball sample, including the head of the MTs and their representatives, teachers, parents and pupils. Data collection uses interviewing, observation and documentation techniques, then the results are analyzed by triangulating sources, techniques and time. The results found that: (1) The climate of Madrasah Tsanawiyah in Bandar Lampung City has met the criteria for physical and social emotional safety aspects (2) The climate of Madrasah Tsanawiyah in Bandar Lampung City has met the criteria for aspects of teaching and learning activities (3) The climate of Madrasah Tsanawiyah in The madrasah city has met the criteria for the attitude aspect among school members, and (4) The climate of the Madrasah Tsanawiyah in the City of Bandar Lampung does not meet the criteria in the aspect of the institutional environment. Of the 4 (four) elements that are indicators of madrasahs that have a positive and conducive climate, the institutional environment of the Tsanawiyah madrasah in Bandar Lampung City still needs to be improved, especially in terms of cleanliness, facilities, spatial planning and madrasah yard, and the area of the madrasah yard. Based on the results of the study, the conclusion reached in this study is that the climate of the madrasah tsanawiyah in Bandar Lampung City is positive and favorable. To further improve the climate of the tsanawiyah madrasa in the city of Bandar Lampung, several elements must be taken into account and improved by the madrasa, namely (1) the improvement of the madrasa's facilities and infrastructure that meet the standards of safety, security and health (2) integrative education, (3) environmental collaboration learning, (4) increasing the effectiveness of learning, (5) increasing discipline, (6) increased leadership of the head of madrasa and (7) increased teacher professionalism and motivation to work. Keywords: climate, madrasah tsanawiyah ivﺪﻳﺮﺠﺘﻟﺍ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺎﺑ ﻢﻴﻠﻌﺘﻟﺍ ﻑﺍﺪﻫﺃ ﻖﻴﻘﺤﺗ ﻰﻠﻋ ﺮﻴﺛﺄﺗ ﺔﺳﺭﺪﻤﻠﻟ ﺪﻋﺎﺴﻤﻟﺍﻭ ﻲﺑﺎﺠﻳﻹﺍ ﺥﺎﻨﻤﻠﻟ ﻥﻮﻜﻴﺳ ﺔﺳﺭﺪﻣ ﺥﺎﻨﻣ ﻝﻮﺣ ﺙﺎﺤﺑﻷﺍ ﻦﻣ ﺪﻳﺰﻤﻟﺍ ءﺍﺮﺟﺇ ﻱﺭﻭﺮﻀﻟﺍ ﻦﻣ ، ﻚﻟﺬﻟ .ﻝﺎﻌﻓﻭ ﻝﺎﻌﻓ ﻞﻜﺸﺑ ﺔﺳﺭﺪﻣ ﺥﺎﻨﻣ ﺔﻴﻔﻴﻜﻟ ﺔﻴﺴﻴﺋﺮﻟﺍ ﺔﻠﻜﺸﻤﻟﺍ ﺔﻏﺎﻴﺻ ﻊﻣ ، ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ ﺭﺪﻨﺑ ﺔﻨﻳﺪﻣ ﻲﻓ ﺔﺻﺎﺧ ، ﺔﻳﻭﺎﻨﺴﺘﻟﺍ ﻞﻴﻠﺤﺗ ﻮﻫ ﺔﺳﺍﺭﺪﻟﺍ ﻩﺬﻫ ﻦﻣ ﻲﺴﻴﺋﺮﻟﺍ ﻑﺪﻬﻟﺍ ﻥﻮﻜﻳ ﺚﻴﺤﺑ ؟ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ ﺭﺪﻨﺑ ﺔﻨﻳﺪﻣ ﻲﻓ ﺔﻳﻭﺎﻨﺴﺗ . ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ ﺭﺪﻨﺑ ﺔﻨﻳﺪﻣ ﻲﻓ ﺔﻳﻭﺎﻨﺴﺘﻟﺍ ﺔﺳﺭﺪﻣ ﺥﺎﻨﻣ 30 ﻲﻓ ﺚﺤﺒﻟﺍ ﺍﺬﻫ ءﺍﺮﺟﺇ ﻢﺗ .ﻲﻋﻮﻧ ﺞﻬﻨﻣ ﻡﺍﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﻲﻔﺻﻭ ﺚﺤﺑ ﻮﻫ ﺚﺤﺒﻟﺍ ﺍﺬﻫ ﻦﻋ ﺓﺭﺎﺒﻋ ﺖﻧﺎﻛﻭ ﺪﺼﻗ ﻦﻋ ﺕﺎﻧﺎﻴﺒﻟﺍ ﺭﺩﺎﺼﻣ ﺭﺎﻴﺘﺧﺍ ﻢﺗ .ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ ﺭﺪﻨﺑ ﺔﻨﻳﺪﻣ ﻲﻓ ﺔﻳﻮﻧﺎﺛ ﺔﺳﺭﺪﻣ ﻪﻴﻤﻠﻌﻣﻭ ﻪﻴﻠﺜﻤﻣﻭ ﺔﻳﻭﺎﻨﺴﺘﻟﺍ ﺔﺳﺭﺪﻣ ﺲﻴﺋﺭ ﻚﻟﺫ ﻲﻓ ﺎﻤﺑ ، ﺔﻌﻴﺒﻄﻟﺍ ﻲﻓ ﺞﻠﺜﻟﺍ ﺕﺍﺮﻛ ﻦﻣ ﺕﺎﻨﻴﻋ ﻖﻴﺛﻮﺘﻟﺍﻭ ﺔﻈﺣﻼﻤﻟﺍﻭ ﺔﻠﺑﺎﻘﻤﻟﺍ ﺕﺎﻴﻨﻘﺗ ﻡﺍﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﺕﺎﻧﺎﻴﺒﻟﺍ ﻊﻤﺟ .ﺏﻼﻄﻟﺍﻭ ﺏﻼﻄﻟﺍ ﺭﻮﻣﺃ ءﺎﻴﻟﻭﺃﻭ . ﺖﻗﻮﻟﺍﻭ ﺕﺎﻴﻨﻘﺘﻟﺍﻭ ﺭﺩﺎﺼﻤﻟﺍ ﺚﻴﻠﺜﺗ ﻖﻳﺮﻁ ﻦﻋ ﺞﺋﺎﺘﻨﻟﺍ ﻞﻴﻠﺤﺗ ﻢﺘﻳ ﻢﺛ ، ﻰﻓﻮﺘﺳﺍ ﺪﻗ ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ ﺭﺪﻨﺑ ﺔﻨﻳﺪﻣ ﻲﻓ ﺔﻳﻭﺎﻨﺴﺘﻟﺍ ﺔﺳﺭﺪﻣ ﺥﺎﻨﻣ (1) :ﻥﺃ ﺞﺋﺎﺘﻨﻟﺍ ﺕﺪﺟﻭﻭ ﻲﻓ ﺔﻳﻭﺎﻨﺴﺗ ﺔﺳﺭﺪﻣ ﺥﺎﻨﻣ ﻰﻓﻮﺘﺳﺍ (2) ﺔﻴﻋﺎﻤﺘﺟﻻﺍﻭ ﺔﻳﺪﺴﺠﻟﺍ ﺔﻴﻔﻁﺎﻌﻟﺍ ﺔﻣﻼﺴﻟﺍ ﺐﻧﺍﻮﺟ ﺮﻴﻳﺎﻌﻣ ﺮﻴﻳﺎﻌﻣ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺔﻨﻳﺪﻣ ﺖﻓﻮﺘﺳﺍ ﺪﻘﻟ ﻢﻠﻌﺘﻟﺍﻭ ﻢﻴﻠﻌﺘﻟﺍ ﺔﻄﺸﻧﺃ ﺐﻧﺍﻮﺟ ﺮﻴﻳﺎﻌﻣ ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ ﺭﺪﻨﺑ ﺔﻨﻳﺪﻣ ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ ﺭﺪﻨﺑ ﺔﻨﻳﺪﻣ ﻲﻓ ﺔﻳﻭﺎﻨﺴﺘﻟﺍ ﺔﺳﺭﺪﻣ ﺥﺎﻨﻣ (4) ﻭ ، ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ءﺎﻀﻋﺃ ﻦﻴﺑ ﻲﻛﻮﻠﺴﻟﺍ ﺐﻧﺎﺠﻟﺍ . ﺔﻴﺴﺳﺆﻤﻟﺍ ﺔﺌﻴﺒﻟﺍ ﺐﻧﺎﺟ ﻲﻓ ﺮﻴﻳﺎﻌﻤﻟﺍ ﻲﺒﻠﻳ ﻻ ﺥﺎﻨﻤﻟﺍ ﺕﺍﺫ ﺔﻴﻨﻳﺪﻟﺍ ﺱﺭﺍﺪﻤﻠﻟ ﺕﺍﺮﺷﺆﻣ ﺮﺒﺘﻌﺗ ﻲﺘﻟﺍ (ﺔﻌﺑﺭﻷﺍ) ﺔﻌﺑﺭﻷﺍ ﺮﺻﺎﻨﻌﻟﺍ ﻦﻴﺑ ﻦﻣ ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ ﺭﺪﻨﺑ ﺔﻨﻳﺪﻣ ﻲﻓ ﺔﻳﻭﺎﻨﺴﺘﻟﺍ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟ ﺔﻴﺴﺳﺆﻤﻟﺍ ﺔﺌﻴﺒﻟﺍ ﻝﺍﺰﺗ ﻻ ، ﻞﻀﻔﻤﻟﺍﻭ ﻲﺑﺎﺠﻳﻹﺍ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺔﺣﺎﺳﻭ ﻲﻧﺎﻜﻤﻟﺍ ﻂﻴﻄﺨﺘﻟﺍﻭ ﻖﻓﺍﺮﻤﻟﺍﻭ ﺔﻓﺎﻈﻨﻟﺍ ﺚﻴﺣ ﻦﻣ ﺎﻤﻴﺳ ﻻ ، ﻦﻴﺴﺤﺘﻟﺍ ﻰﻟﺇ ﺔﺟﺎﺤﺑ . ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺔﺣﺎﺳ ﺔﻘﻄﻨﻣﻭ ﺔﺳﺍﺭﺪﻟﺍ ﻩﺬﻫ ﻲﻓ ﻪﻴﻟﺇ ﻞﺻﻮﺘﻟﺍ ﻢﺗ ﻱﺬﻟﺍ ﺝﺎﺘﻨﺘﺳﻻﺍ ﻥﺈﻓ ، ﺔﺳﺍﺭﺪﻟﺍ ﻩﺬﻫ ﺞﺋﺎﺘﻧ ﻰﻠﻋ ًءﺎﻨﺑ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺥﺎﻨﻣ ﻦﻴﺴﺤﺗ ﺓﺩﺎﻳﺰﻟ .ﺪﻋﺎﺴﻣﻭ ﻲﺑﺎﺠﻳﺇ ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ ﺭﺪﻨﺑ ﻲﻓ ﺔﻳﻭﺎﻨﺴﺘﻟﺍ ﺔﺳﺭﺪﻣ ﺥﺎﻨﻣ ﻥﺃ ﻮﻫ ﺎﻬﻨﻴﺴﺤﺗﻭ ﺎﻬﺑ ﻡﺎﻤﺘﻫﻻﺍ ﺐﺠﻳ ﻲﺘﻟﺍ ءﺎﻴﺷﻷﺍ ﻦﻣ ﺪﻳﺪﻌﻟﺍ ﻙﺎﻨﻫ ، ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ ﺭﺪﻨﺑ ﺔﻨﻳﺪﻣ ﻲﻓ ﺔﻳﻮﻧﺎﺜﻟﺍ ﺮﻴﻳﺎﻌﻣ ﻲﺒﻠﺗ ﻲﺘﻟﺍ ﺔﻴﺘﺤﺘﻟﺍ ﺔﻴﻨﺒﻟﺍﻭ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﻖﻓﺍﺮﻣ ﻦﻴﺴﺤﺗ (1) ﻲﻫﻭ ، ﺔﻴﻨﻳﺪﻟﺍ ﺱﺭﺍﺪﻤﻟﺍ ﻞﺒﻗ ﻦﻣ ﺓﺩﺎﻳﺯ (4) ، ﻢﻠﻌﺘﻟﺍ ﻲﺌﻴﺒﻟﺍ ﻥﻭﺎﻌﺘﻟﺍ (3) ، ﻞﻣﺎﻜﺘﻤﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌﺘﻟﺍ (2) ﺔﺤﺼﻟﺍﻭ ﺔﻣﻼﺴﻟﺍﻭ ﺔﻣﻼﺴﻟﺍ ﺓﺩﺎﻳﺯ (7) ، ﺔﻴﻣﻼﺳﻹﺍ ﺱﺭﺍﺪﻤﻟﺍ ﻱﺮﻳﺪﻣ ﺓﺩﺎﻴﻗ ﺓﺩﺎﻳﺯ (6) ، ﻁﺎﺒﻀﻧﻻﺍ ﺓﺩﺎﻳﺯ (5) ، ﻢﻠﻌﺘﻟﺍ ﺔﻴﻟﺎﻌﻓ . ﻞﻤﻌﻟﺍ ﺰﻴﻔﺤﺗﻭ ﻢﻠﻌﻤﻟﺍ ﺔﻴﻓﺍﺮﺘﺣﺍ ﺔﻴﻋﺎﻨﺼﻟﺍ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ، ﺥﺎﻨﻤﻟﺍ :ﺔﻴﺣﺎﺘﻔﻣ ﺕﺎﻤﻠﻛ

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:32
Last Modified: 24 Mar 2021 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item View Item