FORMULASI STRATEGI DI MTsN 2 BANDAR LAMPUNG

AHMADI, Darwin (2021) FORMULASI STRATEGI DI MTsN 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat_AHMADI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS AHMADI NEW.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK AHMADI Latar belakang dalam Penelitian ini adalah1)Salah satu strategi untuk mengoptimalkan kualitas pendidikan adalah menerapkan rencanastrategis yang secara maksimal.Suatu perencanaan strategis dibuat guna pada pencapaian suatu tujuan lembaga pendidikan. Setiap strategi akan memerlukan pengawasan ulang dan bahkan mungkin perubahan pada masa mendatang.Perencanaan strategi bertujuan agar organisasi menjadi kesatuan yang dapat menampilkan kinerja yang maksimal karena lembaga yang berhasil adalah lembaga yang jenjang efektivitasdan produktifinya semakin tua akan semakin tinggi.Dalam melaksanakan penyusunan program pendidikan acuannya adalah Perencanaan Strategis yang telah ditetapkan sebagai pedoman dalam mewujudkan keteraturan dan keterarahan dalam melaksanakan tiap program serta penganggarannya agar tetap konsisten dengan visi, misi, tujuan dan sasaran pembangunan yang telah dicanangkan.Formulasi strategi pada madarasah merupakan hal paling utama dalam pengelolaan madrasah, penyusunan renstra memerlukan keterlibatan semua pengambil keputusan, baik pengambil keputusan di tingkat manajemen puncak, menejemen menengah, maupun manajemen operasional.2)Tujuan proses penyusunan renstra dengan tujuan output yang dihasilkan mampu bersaing degan madrasah lainnya.Dengan Menerapkan perencanaan strategi, lembaga pendidikan akan mampu bersaing dan dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan serta mampu mengantisipasi dinamika perubahan. Secara spesifik Rumusan masalah yang akan dikaji penilitan ini adalah sebagai berikut:1)Bagaimana merumuskan visi dan misi di MTsN 2 Bandar Lampung?2)Bagaimana analisis ingkungan internal dan eksternal di MTsN 2 Bandar Lampung?3)Bagaimana analisis pilihan strategi dan Faktor kunci keberhasilan di MTsN 2 Bandar Lampung? 4)Bagaimana penetapan tujuan, sasaran dan strategi di MTsN 2 BandarLampung? Hasil penelitian yang diperoleh: 1)Dalam melaksanakan proses visi dan misi kinerja madrasah serta warga madrasah menjadi begitu penting, tidak adanya perubahan pada visi dan misi madrasah menjadikan bahwa visi dan misi madrasah menjangkau ke semua pihak.2)Konsep Evaluasi Diri Mandiri begitu melekat pada MTsN 2 Bandar Lampung. Kepala madrasah menyadari bahwa tantangan saat ini dalam perubahan globalisasi menjadikan tuntutan bagi sumber daya manusia untuk meningkatkan program unggulan agar mampu bersaing.3)tolak ukur dalam analisis pemilihan strategi adalah pada analisis swot keberhasilan pada peserta didik menunjukan bahwa hasil presestasi merupakan jawaban dari kunci keberhasilan madrasah.4)Urgensi renstra pada madrasah menjadikan pedoman bagi setiap madrasah lainnya oleh karena itu renstra merujuk pada aspek-aspek madrasah yang terlaksana.Fokus pada resntra meliputi proses perumusan visi dan misi madrasah. Kata Kunci : Formulasi Srategi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2021 05:46
Last Modified: 24 Mar 2021 05:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13519

Actions (login required)

View Item View Item